Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1956 (Lembaran Negara Nomor 25 Tahun 1956), Kabupaten Bengkalis dengan ibukotanya Bengkalis dipimpin oleh seorang Bupati Kepala Daerah Tingkat II. Kabupaten Bengkalis merupakan wilayah kabupaten yang terluas nomor satu di Provinsi Riau.
Provinsi Riau itu sendiri termasuk salah satu provinsi paling kaya di Indonesia. Kekayaannya meliputi hasil pertambangan minyak bumi, batu bara, hutan, hasil-hasil perkebunan seperti kelapa sawit, karet, hasil-hasil laut serta sungai, dan sebagainya. Sedangkan sumbangan Propinsi Riau ke pusat setiap tahunnya hampir mencapai jumlah 59,6 triyun (Salamm, Alfitra, 2001;13).
Provinsi Riau menjadi salah satu provinsi andalan untuk pemasukan kas negara. Salah satunya, untuk minyak saja Riau menyumbang sekitar 50% produksi nasional. Bahkan, Riau termasuk tiga propinsi terkaya di Indonesia dengan pendapatan 3,7 trilyun, di bawah Jawa Barat (5,2 trilyun), dan Jatim (4,3 trilyun) (Tempo, 9 April 2000).
Bengkalis pada masa lalu memegang peranan penting dalam sejarah. Berdasarkan cerita rakyat yang ada, dimulai pada tahun 1645, Bengkalis hanya merupakan kampung nelayan. Berdasarkan sumber sejarah, pada tahun 1678, daerah ini menjadi tempat pertemuan pedagang-pedagang Melayu, Jawa, Arab yang membawa barang dagangannya bersama dengan pedagang-pedagang dari Palembang, Jambi, Indragiri, Aceh, Kedah, Perak, Kelong, Johor, Penang, Petani, Siam, Kamboja, Kocin, Cina dan orang-orang Minangkabau yang mendiami Sumatera dan datang ke sana untuk mengambil garam, beras, dan juga ikan (terubuk) yang banyak ditangkap oleh orang-orang Selat.
Dalam perkembangannya, pada tahun 1717 Bengkalis dijadikan sebagai baris penyerangan terhadap Johor oleh Raja Kecil. Di Bengkalis inilah, Raja Kecil menyusun kekuatan angkatan perang. Selanjutnya, Raja Kecil mendirikan Kerajaan Buantan yang kemudian disebut Kerajaan Siak pada tahun 1723. Raja Kecil bergelar Sultan Abdul Jalil Rahmat Syah (1723-1748). Daerah kekuasaannya meliputi Perbatinan Gasib, Perbatinan Senapelan, Perbatinan Sejaleh, Perbatinan Perawang, Perbatinan Sakai, Perbatinan Petalang, Perbatinan Tebing Tinggi, Perbatinan Senggoro, Perbatinan Merbau, Perbatinan Rangsang, Kepenghuluan Siak Kecil, Kepenghuluan Siak Besar, Kepenghuluan Rempah dan Kepenghuluan Betung.
Saat didirikannya Kerajaan Siak tersebut Bengkalis dan Bukit Batu dijadikan pos terdepan dalam rangka pertahanannya dengan pimpinan Datuk Laksamana Raja Di Laut. Datuk Laksamana Raja Dilaut membangun armada yang kuat serta membuat kapal-kapal perang yang dilengkapi dengan senjata yang didatangkan dari negara-negara Islam.
Selanjutnya, saat Bengkalis berada pada kekuasaan Belanda, Bengkalis dijadikan ibukota Keresidenan Sumatera Timur. Namun demikian, Belanda kemudian memindahkan ibukota keresidenan dari Bengkalis ke Medan. Sesudah perpindahan tersebut Bengkalis dijadikan ibukota Afdeling Bengkalis sampai akhir kekuasaan Belanda di Indonesia. Sedangkan saat pendudukan Jepang, Bengkalis dijadikan ibukota Bengkalis Bun.
Sementara itu, perjuangan masyarakat
Bengkalis untuk mempertahankan kemerdekaan mencapai puncaknya ketika
Belanda berhasil menduduki Bengkalis kembali pada tanggal 30 Desember
1948. Pada saat itu, Belanda mendapat perlawanan yang cukup sengit dari
masyarakat Bengkalis.
Gambaran Umum Kabupaten Bengkalis
Kabupaten Bengkalis meliputi bagian pesisir Timur Pulau Sumatera antara 2°30! Lintang Utara (LU), -0°17 Lintang Utara atau 100°52 Bujur Timur (BT), -102°52 Bujur Timur (BT), -102° Bujur Timur. Luas wilayah Kabupaten Bengkalis adalah 30.646.83 km², meliputi pulau-pulau (daratan) dan lautan. Kabupaten Bengkalis pusat pemerintahannya dan menjadi ibukotanya adalah Kota Bengkalis dan terletak di Pulau Bengkalis. Wilayah adminsitrasinya sebagian diantaranya meliputi wilayah di Pulau Sumatera seperti Duri, Dumai. Jarak antara Duri – Bengkalis 106 kilometer, Dumai- Bengkalis 78 kilometer, kedua wilayah tersebut berada di Pulau Sumatera yang dipisahkan oleh laut.
Sarana transposrtasi dari Pulau Sumatera ke daerah ini dapat menggunakan kapal penumpang (ferry) yakni dari Dumai, Pakning, dan Pekanbaru. Selain itu masih terdapat kapal Roro yakni kapal yang dapat mengangkut barang dan kenderaan roda empat. Artinya, bahwa untuk menuju ke Bengkalis sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Bengkalis tidak ada kesulitan, hanya saja jadwalnya masih terbatas karena kapal penumpang maupun barang hanya satu sampai dua kali saja sehari. Dengan demikian para penumpang menunggu kapal sesuai jadwal yang sudah ditentukan.
Wilayah Kabupaten Bengkalis di sebelah Utara berbatasan dengan Selat Malaka, sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Kampar, sebelah Barat berbatasan dengan Propinsi Sumatera Utara, dan sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Kepulauan Riau. Daerah Bengkalis ini beriklim tropis dengan jumlah curah hujan antara 773-1734 mm/tahun dengan temperatur udara berkisar antara 26°-32ºC. Musim kemarau di daerah ini pada umumnya terjadi pada bulan Pebruari sampai dengan Agustus, sedangkan musim penghujan pada bulan September sampai dengan Januari, dengan jumlah curah hujan tertinggi dalam tahun sekitar 1734 mm/tahun dan jumlah hujan terendah adalah 773 mm/tahun.
Kabupaten Bengkalis, wilayah administrasinya sebagian besar berada di Pulau Sumatera, namun ibukotanya berada di Pulau Bengkalis. Sehubungan dengan itu, Kota Bengkalis senantiasa di kunjungi orang-orang dari Pulau Sumatera untuk urusan pemerintahan (surat-surat izin dan lain sebagainya). Kota Bengkalis sendiri terkenal dengan sebutan Kota Terubuk. Terubuk merupakan jenis ikan yang sangat terkenal terutama pada masa Datuk Laksamana, sedangkan pada saat ini semakin sulit ditemukan. Harganya yang mahal membuat para pemburu ikan berlomba-lomba mencarinya sehingga sangat mengancam perkembangan ikan ini.
Jarak kota Bengkalis dengan ibukota Provinsi (Pekanbaru) sejauh 173 km. Untuk mencapai ibukota provinsi digunakan dua jalur transportasi yaitu laut dan darat, dengan jarak tempuh sekitar 4 jam perjalanan. Jalur laut ditempuh melalui Selat Bengkalis dan terus melalui Sungai Siak. Sedangkan jalus darat ditempuh melalui Selat Bengkalis menuju Dumai atau dapat juga melalui Buton atau Pakning dan dilanjutkan menggunakan transportasi darat ke Pekanbaru.
Topografi wilayah ini cukup unik, yakni bagian tepi pantai pada umumnya lebih tinggi daripada bagian tengahnya. Tanah di pinggir pantai berupa tanah liat lumpur, sedangkan bagaian tengahnya cukup rendah yang terdiri dari rawa-rawa. Apabila musim hujan daerah Bengkalis tergenang air karena air mengalir ke bagian tengah. Pulau Bengkalis sering diibaratkan sebuah piring. Pada bagian sisinya lebih tinggi sedangkan bagian tengahnya lebih rendah (bentuk pulau Bengkalis cekung). Pada bagian tengah pulau ini dilapisi oleh gambut dengan kedalaman mencapai 2 meter. Selain itu juga terdapat hutan rawa yang luasnya semakin lama semakin berkurang.
Sosial Budaya
Kota Bengkalis sebagai ibukota Kabupaten Bengkalis merupakan daerah yang baru saja berkembang. Namun secara historis Bengkalis pernah memegang peranan penting dalam sejarah. Sehubungan dengan itu, di Kota Bengkalis ini banyak ditemukan bangunan-bangunan bersejarah dan rumah-rumah tua walaupun banyak diantaranya sudah punah maupun tidak utuh lagi. Dalam perkembangannya Kota Bengkalis dihuni oleh berbagai suku bangsa terutama Melayu, Cina, Jawa, Minang, dan Batak disamping suku bangsa lainnya yang merupakan penduduk minoritas.
Masyarakat Melayu Bengkalis beragama
Islam dan dalam kesehariannya identik dengan budaya Islam.
Upacara-upacara tradisionalnya cenderung dengan tradisi Islam dan juga
nilai-nilai kehidupan bernuansa Islami. Sehubungan dengan itu dalam
falsafah Melayu disebutkan bahwa ”Melayu adalah Islam, apabila tidak
Islam berarti tidak Melayu”.
Asal usul Bengkalis
Menurut Jasman K (tt) dari berbagai versi oral yang dikumpulkannya dan menurutnya dari sebuah buku Kisah Pelayaran Raja Kecil Ke Johor dan sebuah naskah yang berjudul ”Asal –muasal Nama Terubuk” dan sebuah naskah Syair Ikan Terubuk huruf Jawi, maka dibuatnyalah sebuah kisah sejarah seperti berikut ini :
Bengkalis bermula setelah pudarnya Kerajaan Gasib pada abad ke-17 atau sekitar 1625. Kerajaan Gasib ini terletak di hulu Sungai Gasib di sebelah Selatan Buatan. Muara Sungai Gasib menuju ke Sungai Jantan Siak. Sesudah keruntuhan Kerajaan Gasib, daerah ini seperti ditimpa bala bencana. Daerah ini tidak lagi punya pemimpin, dan berlakulah ”hukum rimba”, siapa yang kuat maka dialah yang menjadi raja. Kekosongan pucuk kekuasaan kerajaan ini kemudian diisi oleh datuk-datuk yang menjadi tempat berpegang. Tersebutlah Datuk Bandar di Bengkalis dan Datuk Bandar di Sabak Aur. Para datuk ini diceritakan konon datang dari Johor (Elmustian, 2003: 36).
Bengkalis ketika itu belumlah bernama Bengkalis, seperti halnya kejadian sebuah negeri Melayu dalam tradisi Melayu. Disebut orang Kuala Batanghari namanya. Di hulu Kuala Batanghari ini terdapat tanah busut di sebuah tasik kecil. Karena itu pulaulah orang di daerah ini mengenal tanah tumpukan ini dengan sebutan ”Pulau Sembilan”. Menurut Jasman K (tt) seorang guru SR dan ditulisnya pada 27 September 1980 lagi – tanpa menyebutkan sumber – nama Kuala Batanghari dan Pulau Sembilan kemudian kelak berganti nama menjadi Bengkalis. Peristiwa pergantian nama ini bermula setelah menghilirnya perangkat Raja Kecil yang diiringi dengan empatpuluh orang awak lancang dan emp[at orang kepala suku, yaitu suku Limapuluh, suku Tanah Datar, suku Pesisir, dan ditambah satu suku lagi dari suku Limapuluh juga. Konon dalam Sejarah Melayu Raja Kecil memang dibesarkan di Ranah Minang.
Perangkatan Raja Kecil menghiliri sungai Jantan yang kemudian nama sungai ini bernama Sungai Siak. Rombongan Raja Kecil ini singgah di Sabak Aur (Sungai Apit sekarang ini) kemudian singgah pula di Kuala Batanghari. Di Sabak Aur ini konon pernah terjadi perselisihan antara rombongan Raja Kecil dengan Datuk Bandar Sabak Aur. Perselisihan berawal dari Datuk Sabak Aur meminta cukai lalu lintas sungai kepada rombongan – yang tidak diketahuinya itu yang ternyata – Raja Kecil yang telah merapatkan lancangnya di jembatan di Sabak Aur.
Raja Kecil mau tidak mau memotong puntel pundi-pundinya yang terbuat dari emas. Lalu puntel pundi-pundi itu diterima oleh pengawal Datuk Sabak Aur. Sambil menyerahkan puntel pundi-pundinya konon Raja Kecil berkata “akan kucucup juga darahnya di kemudian hari nanti”. Ternyata konon apa yang diucapkannya itu berlaku dan menurut Jasman K mempunyai kisah tersendiri. Kisah ini masih gelap untuk diteroka. Lancang pembawa perangkatan @rombongan Raja Kecil terus menghilir ke muara sungai. Awak lancang menyebut sejumlah nama hutan, nama tanjung, nama pulau, dan nama sungai-sungai yang dilalui. Tersebutlah Selat Pulau Padang. Selain itu, juga disebut Sungai Selari, Tanjung Ja, dan banyak lagi nama lain.
Jasman K (tt) selanjutnya mengisahkan, menurut adat kebiasaan setempat, bahwa setiap orang yang datang ke suatu tempat baru yang dituju di wilayah ini harus tunduk pada adat tuan rumah. Peraturan adat itu antara lain belum boleh menyauk air sungai atau naik ke darat, sebelum terlebih dahulu mengadakan surah-bersurah dan memperoleh izin dari penguasa di tempat ini. Rupanya tanpa disangka adat masyarakat ini juga diberlakukan terhadap rombongan Raja Kecil ini, yaitu belum boleh menyauk air sungai apalagi naik ke darat, sebelum surah-bersurah dan keizinan dari tuan rumah. Ketibaan macang perangkatan Raja Kecil menjadikan pembicaraan orang ramai di Bandar Kuala Batanghari. Karena orang di dalam lancang itu berbahasa sekerat-kerat yang tak dapat dipahami oleh pengawal pantai. Apa yang didengar oleh pengawal pantai (bahasa orang di dalam lancang itu) dihafal baik-baik, supaya mudah menyampaikannya kepada Tuk Bandar.
Setelah dapat disimak ucapan bahasa atau kata-kata orang yang di dalam lancang itu lalu disampaikan oleh pengawal kepada Datuk Bandar Jamal, orang yang memegang tampuk kekuasaan di Kuala Batanghari. Terjadilah surah-surahan antara Datuk Bandar Jamal dengan Raja Kecil dan orang-orang besar di dalam lancang. Raja Kecil memperkenalkan dirinya lalu menyebutkan namanya. Mendengar nama Raja Kecil itu tak syak lagi bagi Datuk Bandar Jamal, bahwa itulah keturunan Sultan Johor. Datuk Bandar pun mempersilahkan Raja Kecil dan orang-orang besar dalam lancang untuk sudi naik ke darat dan tinggal beberapa lamanya di Kuala Batanghari.
Konon setelah beberapa lama lancang perangkatan Raja Kecil berada di Kuala Batanghari banyak sekali hal-hal yang timbul dan ditanyakan kepada Raja Kecil. Seperti ketika mandi di kuala sungai banyak ikan-ikan berebut makanan. Lalu ditanyakan nama ikan itu. Dijawab oleh Raja Kecil dengan singkat, bahwa ikan itu bernama ikan ”teru” menangkapnya harus dengan tali ”pu”, sisiknya tidak boleh dikikis. Jika ingin dikikis juga hendaklah jangan dipaksakan. Kemudian, ditanyakan lagi nama tanjung di seberang, di sebelah Barat Laut Kuala Batanghari. Dijawab oleh Raja, bahwa tanjung itu bernama Tanjung ”ja”. Raja Kecil menyarankan, supaya tepat sebaiknya ditanyakan lagi kepada Bunda Dalam di Johor, orang yang dikenal pandai menafsirkan makna-makna yang tersirat.
Kelak, setelah Raja Kecil menjadi Sultan Johor, maka semua yang tumbuh dan setiap peristiwa yang terjadi di sepanjang pelayaran yang pernah dialami di Kualabatanghari, ditanyakan kepada Bunda Dalam. Satu per satu dieja dan diartikan oleh Bunda Dalam, misalnya tentang ”ikan teru” berarti ”ikan terubuk”. Ikan terubuk asal-usul induknya dari ikan Bengkalis hidup di sungai, begitu juga bentuknya tidak besar. Konon hanya di daerah ini saja yang ada ikan ini di tempat lain (mungkin ada tapi) lain pula namanya. Menangkap ikan terubuk ini hendaklah dengan tali purun dan itulah disebut tali ”Pu” (dan nama ”Pu” juga nama pukat). Menangkap terubuk itu hendaklah dengan pukat yang menggunakan tali purun. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, ikan tersebut tidak boleh diperdagangkan.
Adapun nama kayu ”beng” berasal dari
nama kayu Bengkalis. Kayu itu konon cuma ada hidup di tempat itu.
Batangnya hampir mirip dengan batang manggis, tetapi tidak berbuah. Dan
begitu juga tentang nama Tanjung ”ja” itu artinya Tanjung Jati letaknya
di ujung pulau di sebelah matahari turun. Setelah mendapat arti makna
dan tunjuk-ajar dari Bunda Dalam, lalu Sultan Johor yang ketika itu
dipegang oleh Raja Kecil, mengirim utusan ke Kuala Batanghari
menyampaikan kepada Datuk Bandar Jamal bahwa sejak perutusan itu sampai
memberi khabar hendaklah berubah nama Kuala Batanghari menjadi
Bengkalis, di dalam sungai itu ada hidup Ikan Bengkalis dan ditepi
sungai itu ada juga hidup batang Bengkalis yang berasal dari sungai itu
juga. Begitu juga nama pulau itu sekaligus diberi pula nama selatnya
dengan sebutan yang sama yaitu Pulau Bengkalis dan Selat Bengkalis.
Demikian penjelasan Djasman K, (tt).
Bengkalis Mulai Disebut Dalam Sejarah
Hanya
beberapa tahun setelah tahun 1511, terbit sebuah buku tentang Melaka,
yaitu The Suma Oriental. Penulisnya, Tome Pires, yang berbangsa
Portugis, memberikan suatu gambaran yang jelas, khusus tentang
masyarakat masyarakat Melaka dari tahun 1400 sehingga tahun 1515,
walaupun tulisannya berorientasi dari sudut pandangannya. Kisah sejarah
tersebut dibuat ketika beliau berada di kota kosmopolitan Melaka dari
tahun 1512 hingga tahun 1515, yaitu tahun-tahun awal penaklukan dan
pendudukan (bangsa Portugis Eropah yang pertama ini di Melaka). Mungkin
disebabkan Tome Pires menyaksikan sendiri suasana pada periode awal
zaman peralihan, yaitu dari pendudukan Melayu ke pendudukan Portugis,
maka beliau bersikap condong ke arah Portugis, dengan mengedepankan
nilai-nilai asli keportugisannya, dari segi etos, agama, kepercayaan dan
pandangannya tentang dunia (Muhammad Yusoff Hashim, 1990: xxv).
Sumber Cina pada abad ke-5 dan abad ke-6 Masehi (daripada Dinasti Sung dan Dinasti Liang) menyebutkan bahwa sebuah tempat yang bernama Kan-t’o-li yang terletak di tenggara Sumatera (tempatnya dikatakan terdapat di sekitar Jambi, bermuarakan Sungai Batang Hari. Lihat N.J. Krom, Hindoe –Javvansche Geschiedenis, hlm. 112; G. Coedes, “A Possible Intrepretation of the Inscription of Kedukan Bukit (Palembang)”, dalam J. Bastin and R. Roolvink, (eds), Malayan and Indonesian Studies, Kuala Lumpur, 1964).
Untuk keperluan jalur perdagangan di Selat Malaka serta kemunculan pola perdagangan yang baru ini, Kan-t’o-li dipastikan berhasil untuk menguasai sebagian besar dari muara-muara sungai di sepanjang pantai timur Sumatera, hingga ke Pantai Timur dan Pantai Barat Semenanjung Tanah Melayu. Kan-t’o-li merupakan sebuah pusat kekuasaan laut Melayu yang muncul secara langsung dari peluang sosioekonomi dan jalan perdagangan laut yang muncul ketika itu. Kelahiran Kan-t’o-li menandakan wibawa politik dan keunggulan ekonomi Funan dan Langkasuka. Kan-t’o-li menggantikan kedua kekuasaan ini. Kan-t’o-lilah yang dianggap memberi jalan ke arah kemunculan Kerajaan Sriwijaya
Sriwijaya kemudian menjadi sebuah empayar Melayu. Pada zaman puncak kekuasaannya pada abad ke-11, Sriwijaya disebut menguasai jalan perdgangan dan jalan laut yang cukup luas, yaitu dari kawasan Gerahi di timur Teluk Benggala hingga ke Selat Sunda di selatan, lalu menguasai seluruh geopolitik tradisional pantai timur Sumatera, seluruh Thai Selatan, Semenanjung Tanah Melayu dan barat laut Gugusan Kepulauan Melayu. Sriwijaya yang berpusat di Palembang, kemudian berpindah ke Jambi juga berhasil menundukkan kekuasaan setempat dan bandar-bandar pelabuhan yang lebih kecil. Proses dan pola politik serta penguasaan jalan perdagangan laut oleh Sriwijaya ini berlangsung hingga abad ke-13 (Muhammad Yusoff Hashim, 1990: 242).
Kawasan-kawasan lain yang tidak menjadi daerah takluk (jajahan) di pantai barat dan timur Sumatera adakalanya mempunyai hubungan perdagangan dengan Melaka. Bahan-bahan eksport dari kawasan ini dihantar ke Melaka melalui pelabuhan yang menjadi daerah takluk (jajahan). Pedir contohnya, menghantar lada dan beras menerusi Pasai ke Melaka. Bengkalis membekalkan ikan kering dan ikan terubuk (Muhammad Yusoff Hashim, 1990: 245).
Pada tahun 1678 digambarkan oleh Tuan Bort tempat tersebut sebagai berikut : Bengkalis, sebagaimana telah dihuraikan, termasuk dalam wilayah Kerajaan Johor, terletak di suatu pulau kira-kira satu mil dari pantai Sumatera, hanya merupakan perkampungan nelayan , dipimpin oleh seorang syahbandar yang mengurus semua kepentingan Johor.
Meskipun hanya merupakan perkampungan
nelayan, disana terdapat pelayaran yang ramai terdiri dari orang Melayu,
Jawa dan Arab yang berkumpul untuk melakukan pembelian barang-barang
dari Pantai Jawa, Palembang, Jambi, Indragiri, Aceh, Kedah, Perak,
Kelang, Johor, Pahang, Patani, Siam, Kamboja, dan Kocin Cina. Bahkan,
orang Minangkabau yang tinggal di Sumatera datang ke sana beramai-ramai
membeli garam, beras dan juga ikan, yang banyak ditangkap pada
musim-musim tertentu disana oleh orang-orang Selat, yang dengan anak
istrinya tinggal di pulau-pulau dan mengembara kesana kemari-ikan
tersebut mempunyai telur yang bersih, dikeringkan dan digarami serta
sangat digemari oleh penduduk (Wan Ghalib, 2002: 64).
Penutup
Bengkalis
merupakan daerah yang pernah memegang peranan penting dalam sejarah.
Banyak terjadi berbagai peristiwa sejarah di sana. Bukti-bukti yang
menunjukkan bahwa di Bengkalis banyak sekali terjadi peristiwa sejarah
terlihat dari berbagai bangunan fisik yang ada, walaupun banyak yang
sudah tidak utuh lagi. Dari peninggalan sejarah yang ada banyak
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Hal ini bisa kita peroleh
setelah kita mengetahui bagaimana proses terjadinya peninggalan sejarah
tersebut.
Daftar Pustaka
Aswandi Syahri. Kota Kara Dan Situs-Situs Sejarah Bintan Lama. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Kepulauan Riau.2007
Elmustian
Rahman, dkk. Syair Ikan Terubuk Tinjauan Teks, Peristiwa Kelisanan, Dan
Struktur Upaya-Upaya Dialog Dengan Teks Simbolik-Romantik. Unri Press.
Kerjasama Pemerintah Kabupaten Bengkalis Yayasan Peduli
Negeri.2003
Hasan Junus. Sejarah Kabupaten Bengkalis Sebuah Tinjuauan Paling Dasar Serta Beberapa Makalah. Pemda Kabupaten Bengkalis.2002
Irza Arnyta Djafaar. Jejak Portugis Di Maluku Utara. Yogyakarta : Penerbit Ombak. Desember.2006
Muhammad
Yusoff Hashim Ph.D. Kesultanan Melayu Melaka Kajian Beberapa Aspek
Tentang Melaka Pada Abad ke-15 dan Abad ke-16 Dalam Sejarah Malaysia.
Dewan Bahasa dan Pustaka. Kementerian Pendidikan Malaysia. Kuala
Lumpur.1990
Rekomendasi Ulang Tahun Bengkalis Negeri Junjungan
Silaturahmi Sejarah dan Kebudayaan Melayu Serantau, Perlukah ? oleh
Tenas Effendy
Umar Junus. Fiksyen dan Sejarah. Suatu Dialog. Dewan
Bahasa dan Pustaka. Kementerian Pendidikan malaysia. Kuala lumpur.
Malaysia. 1989.
Wan Ghalib, dkk. Belanda Di Johor Dan Siak 1602-1865 Lukisan Sejarah(terjemahan) . Pemerintah Daerah Kabupaten Siak dan Yayasan
Arkeologi Dan Sejarah ”Bina Pusaka”. 2002