Edukasi Kesehatan Remaja, 27 Sekolah dan 13 Puskesmas di Bengkalis Laksanakan Aksi Bergizi

icon   Pada 26 Oktober 2022 Bagikan ke :

BENGKALIS – Sebanyak 27 sekolah dan 13 Puskesmas di Kabupaten Bengkalis melaksanakan gerakan Aksi Bergizi serentak se-Indonesia dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda dan hari Kesehatan Nasional ke-58 Rabu, 26 Oktober 2022.

5.035 siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat ikut dalam gerakan nasional ini.

Salah satunya diantaranya yaitu SMA Negeri 1 Bengkalis, di taja UPT Puskesmas Sungai Alam dengan 780 siswa sebagai peserta, kegiatan itu turut disaksikan Kepala UPT Puskesmas Sungai Alam Rima Budiarti, Kepala SMA Negeri 1 Bengkalis Muhammad Nur dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Bengkalis Rafika Wati.

Dalam Aksi Bergizi ini dilaksanakan berbagai kegiatan yang bersifat edukatif bagi para remaja, antara lain senam berama, sarapan sehat bersama, persembahan yel-yel pencegahan anemia oleh siswa siswi, dan minum obat Tablet Tambah Darah (TTD) secara serentak, edukasi makanan bergizi, aktivitas fisik, dan lingkungan sehat.

Dalam rangka mendukung percepatan penurunan stunting, serta untuk mencapai terget stunting 14% tahun 2024, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melahirkan Gerakaan Nasional Aksi Bergizi di sekolah.

Gerakan nasional Aksi Bergizi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang tablet tambah darah, aktivitas fisik dan konsumsi gizi seimbang sehingga sekolah memiliki komitmen untuk melaksanakan kegiatan Aksi Bergizi sacara rutin dengan membiasakan siswa siswi untuk mengkonsumsi tablet tambah darah, makan makanan bergizi dan aktivitas fisik.

Aksi Bergizi ini diharapkan mampu memberikan wawasan kesehatan kepada para siswa untuk selalu memperhatikan asupan gizi mereka saat usia remaja. 

Terlihat puluhan siswa dan siswi SMA Negeri 1 Bengkalis antusias dalam mengikuti setiap rangkaian kegiatan gerakan Aksi Bergizi ini. #DISKOMINFOTIK