Bupati Bengkalis Didaulat Pasangkan Keris: Gubri dan Wagubri Terpilih Dijemput Hadiri Pelantikan Pengurus LAMR Bengkalis 2019-2024

icon   Pada 3 Januari 2019 Bagikan ke :

BENGKALIS â€“ Jika tak ada aral melintang, pengurus Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Bengkalis hasil Musyarwah daerah V yang dilaksanakan belum lama ini, akan dilantik/dikukuhkan pengurus LAMR Provinsi Riau, Senin, 7 Januari 2019.

Selain Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Riau terpilih H Syamsuar dan Edy Natar Nasution juga dijemput untuk hadir pada pelantikan/pengukuhan tersebut.

Kemudian, Bupati Bengkalis masa bakti sebelumnya, seperti H M Azaly Djohan, H Fadlah Sulaiman dan H Syamsurizal juga dijemput. Begitu pula Sekretaris Daerah Bengkalis periode sebelumnya seperti H Tengku Lukman Jaafar.

Selain itu, panitia pelaksana juga mengundang tokoh-tokoh masyarakat Kabupaten Bengkalis yang ada di Pekanbaru, seperti H Burhanuddin (Boy).

Tak hanya itu, seluruh Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) dan Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR Kabupaten/Kota se-Riau juga diundang untuk hadir.

Lalu, selain camat, MKA dan DPH LAMR Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis juga dijemput panitia pelaksana/pengukuhan.

 

 

“Pelantikan/Pengukuhan MKA dan DPH LAMR Bengkalis 2019-2024 akan dilaksanakan Senin, 7 Januari 2019 mulai pukul 14.00 WIB sampai selesai. Selain MKA dan DPH, sesuai permintaan pengurus LAMR Provinsi Riau, Dewan Kehormatan Adat (DKA) juga dilantik/dikukuhkan,” jelas Ketua Panitia Pelaksana Pelantikan/Pengukuhan H Darmawi.

Didampingi Ketua LAMR H Hermizon serta Ketua Umum MKA dan DPH LAMR Kabupaten Bengkalis 2019-2024 H Zainuddin Yusuf dan H Sofyan Said, Darmawi mengemukakan hal itu saat memimpin rapat perdana, Rabu, 2 Januari 2019.

Mengenai tempat pelaksanaan pelantikan/pengukuhan, Darmawi mengatakan akan dilaksanakan di Gedung LAMR Kabupaten Bengkalis jalan Pramuka Desa Air Putih, Kecamatan Bengkalis.

 

“Memang ada wacana di tempat lain. Namun sesuai permintaan Ketua Umum MKA H Zainuddin, pelantikan/pengukuhan tetap dilaksanakan di Gedung LAMR Kabupaten Bengkalis,” imbuh Nanang.

Sesuai hasil Musda V LAMR Bengkalis, adapun pengurus MKA LAMR Kabupaten Bengkalis 2019-2024, diantaranya adalah H Zainuddin Yusuf (Ketua Umum), H Bachrum Mansur, BA (Timbalan Ketua Umum) dan Drs. Yuhelmi, M.Si (Sekretaris).

Sementara untuk pengurus DPH LAMR Kabupaten Bengkalis 2019-2024, antara lain H Sofyan Said, SH (Ketua Umum), H Darmawi (Timbalan Ketua Umum) dan H Ali Muzar, SE (Sekretaris Umum).

Adapun pengurus DKA LAMR Kabupaten Bengkalis 2019-2024, diantaranya H Bustami HY, SH., MM (Ketua) dan Drs. Zulfikar (Sekretaris).


Memasang Keris

Meskipun belum tuntas dan akan dilanjutkan Kamis besok, 3 Januari 2019, dalam rapat tersebut beberapa hal teknis sudah mulai dibahas.

Misalnya soal penyambutan tamu dan acara makan beradat setelah acara pelantikan/pengukuhan.

Kemudian dibahas juga siapa yang bakal memasang tanjak, selempang adat dan keris untuk Ketua MKA, DPH dan DKA LAMR Kabupaten Bengkalis 2019-2024 saat pelantikan/pengukuhan.

“Untuk tanjak dan selempang adat pemasangannya oleh pengurus LAMR Provinsi Riau. Sedangkan untuk keris bakal dilakukan Bupati Bengkalis,” ujar Nanang didampingi Sekretaris Umum DPH LAMR Kabupaten Bengkalis 2019-2024 H Alimuzar, SE.#DISKOMINFOTIK.