2011, Pemkab Bengkalis Bangun 60 Rumah Layak Huni

icon   Pada 27 September 2011 Bagikan ke :

16-May-2011

BENGKALIS- Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang pada tahun 2011 ini bangun sedikitnya 60 unit dari 600 unit rumah layak huni untuk rumah tangga miskin (RTM) di daerah ini.

Sedangkan untuk pembangunannya langsung diserahkan kepada masyarakat menggunakan sistim OMS dengan tipe rumah 36 dan diberikan kepada setiap kecamatan secara bertahap. ”Saat ini masih dalam tahap proses pendataan di masing-masing kecamatan. Ada juga yang telah menyerahkan data-data masyarakat yang diusulkan untuk mendapatkan bantuan rumah layak huni ini. Kita membantu dalam bentuk uang senilai Rp 45 juta untuk tiap unitnya tipe 36. Pembangunanan dilakukan masyarakat yang diawasi oleh konsultan,” papar Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bengkalis Eduar belum lama ini di Bengkalis.

Lebih lanjut dijelaskan Eduar, indikator masyarakat yang menerima program tersebut diutamakan mereka yang terdata sebagai rumah tangga miskin (RTM), memiliki tanah sendiri atau tanah keluarga dan belum memiliki rumah layak untuk dihuni.

”Untuk masing-masing kecamatan akan ditempatkan satu konsultan. Tugasnya merancang dan mengawasi pembangunan rumah layak huni yang dikerjakan oleh masyarakat menggunakan sistem OMS,” katanya lagi.

Ditambahkan Eduar, sebagai modal awal untuk pembangunan rumah layak huni ini, tahap pertama akan cairkan sebesar 40 persen melalui rekening OMS. Setelah pekerjaan fisik jalan 30 persen, akan dicairkan kembali dana sebesar 30 persen. Sedangkan sisanya sebesar 30 persen lagi, dicairkan ketika bobot pekerjaan fisik mencapai 70 persen.

“Pencairan termen ketiga akan dibuatkan surat perjanjian, yang isi masyarakat yang mendapat bantuan rumah layak ini, wajib menyelesaikan rumah tersebut,” imbuhnya.***(dik_RT.C)