280 Ribu Jiwa Jadi Peserta Jamkesda di Bengkalis

icon   Pada 30 September 2011 Bagikan ke :

10-June-2011

BENGKALIS - Sebanyak 280 jiwa dari 300 ribu jiwa peserta jaminan kesehatan masyarakat daerah (Jamkesmasda) Kabupaten Bengkalis, saat ini sudah masuk data Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis. Peserta Jamkesmasda yang tersebar di delapan kecamatan ini nantinya akan dibuatkan kartu tanda peserta.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis, Zulfan Herri, Jumat (9/6/11) menerangkan, bahwa target peserta Jamkesmasda adalah 300 ribu jiwa yang tersebar di delapan kecamatan. Hingga awal Juni ini, sudah terdata sekitar 280 ribu jiwa lebih dari total 514 ribu penduduk diseluruh Kabupaten Bengkalis.

"Peserta Jamkesda ini nantinya akan dibuatkan kartu tanda peserta jamkesmasda, serta diperkuat dengan surat keputusan (SK) bupati. Hingga saat ini sudah terdata sekitar 280 ribu jiwa lebih, dan hanya tinggal lebih kurang 20 ribu jiwa lagi yang belum terdata," terang Zulfan.

Nantinya, peserta Jamkesmasda bisa menggunakan kartu tersebut tidak hanya untuk berobat di Kabupaten Bengkalis, tetapi juga di kabupaten lainnya di Provinsi Riau. Seperti saat terjadi emergency atau sakit mendadak di kota Pekanbaru atau Kuansing dan lainnya, kartu Jamkesda dapat digunakan akan diklaim ke Asuransi Kesehatan (Askes).

Peserta Jamkesmasda diprioritaskan kepada masyarakat yang tidak mampu dan tidak terdaftar sebagai peserta Jamkesnas. Juga Jamkesmasda tidak berlaku kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS), anggota TNI-Polri, peserta Jamsostek atau peserta asuransi kesehatan lainnya. (Alf_HR.C)