3 Perusahaan Disiapkan Pasok Tabung Gas Konversi di Bengkalis

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :

27-April-2011

BENGKALIS - Sales Agen Elpiji Marketing Sumbar-Riau PT. Pertamina (Persero) segera menyuplai persediaan tabung gas refill ukuran 3 kilogram pasca konversi minyak tanah ke gas elpiji di 4 kecamatan di Kabupaten Bengkalis. Yakni, Kecamatan Bantan, Bengkalis Rupat dan Rupat Utara. Sementara itu, 3 perusahaan telah dipersiapkan sebagai agen refill suplai tabung gas tersebut.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bengkalis H Suhada Tasman melalui Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Alfakhrurrazi saat berbincang dengan sejumlah wartawan di Bengkalis, Rabu (27/4/11).

“Kita sudah koordinasikan dengan pihak Pertamina tentang refill untuk suplai gas elpiji 3 kilogram itu. Dan segera mungkin pelaksanaannya direalisasikan untuk 4 kecamatan yang sudah di konversi beberapa waktu lalu. Perusahaan agen juga sudah ada 3 yang dipersiapkan untuk mendistribusikannya ke masyarakat,” terangnya.

Adapun perusahaan yang dijadikan agen suplai tabung gas elpiji 3 kilogram itu antara lain, PT. Indonas Siak Karya Sejahtera, PT. Dara Djingga yang akan menyuplai tabung gas wilayah Kecamatan Bantan dan Bengkalis. Kemudian PT. Natural Lestari, menyuplai ketersediaan tabung gas di wilayah Kecamatan Rupat dan Rupat Utara.

“Untuk agen telah disiapkan juga dari agen minyak tanah subsidi sebelumnya. Dan minyak tanah subsidi, kan belum ditarik dari pasaran sebagai pengganti konversi. Jadi, sementara waktu menyiapkan tabung-tabung gas elpiji dari stasiun pengisian bahan bakar elpiji (SPBBE) untuk didistribusikan,” katanya lagi.

Terkait acuan harga sampai ke tangan masyarakat, diungkapkan Alfakhrurrazi, pada harga eceran tertinggi (HET) disesuaikan dengan jarak tempuh atau radius antara stasiun pengisian (SPBBE) dan pendistribusiannya. Dicontohkan, pada radius per 60 kilometer (Km) harga tabung gas Rp 14 ribu. Jika perkelipatan 60 Km dari jarak SPBBE maka ditambah pada harga Rp 1.500.

“Misalnya, jarak tempuh dengan SPBBE dan pendistribusian radiusnya 120 Km, maka harga tabung gas 3 Kg itu adalah Rp 15.500, jadi perkelipatan 60 Km dan seterusnya. Tergantung dari jarak mana diambil tabung gas itu nanti apakah dari SPBBE Duri, Dumai, Siak dan Perawang,” jelasnya.***(dik)