30 Personil Satpol PP Bengkalis Gelar Latihan Bela Diri

icon   Pada 30 November 2011 Bagikan ke :
BENGKALIS– Sedikitnya 30 Personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bengkalis, ikuti pelatihan pengendalian keamanan dan kenyamanan lingkungan atau pelatihan bela diri selama sebulan penuh. Kegiatan resmi dibuka oleh Staf Ahli Bupati, H Eldi Ramli di Aula Kantor Pol PP Bengkalis, Jalan Soebrantas, Rabu (30/11/11).

Tujuan melalui kegiatan ini, untuk menciptakan Personil Pol PP yang tangguh dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas di lapangan. Baik dalam mengatasi gangguan ketentraman dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat maupun dalam penegakan Peraturan Daerah (Perda).

Dengan pelatihan bela diri ini, juga untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada personil tentang bagaimana cara membela diri dan mempetahankan diri dalam melaksanakan tugas di lapangan. “Sehingga diharapkan kewibawaan Sat Pol PP Bengkalis dapat bertambah dalam melaksanakan tugas di lapangan. Baik dalam menegakkan Perda dan menjaga ketertiban dan ketentraman masyarakat,” ujar Kepala Satuan Pol PP Kabupaten Bengkalis, Arjunaidi, saat ditemui wartawan.

Kegiatan pelatihan dimulai sejak tanggal 30 November hingga 29 Desember 2011 mendatang ini. Yang menjadi peserta adalah 15 personil dari Pol PP Ibu Kota Kabupaten Bengkalis, 3 personil dari Kantor Camat Bengkalis, 4 personil Kantor Camat Bantan, 4 personil dari Bukit Batu dan 4 personil dari Pol PP Kantor Camat Siak Kecil.

“Nah meskipun kita melakukan pelatihan ini, setiap personil juga harus bersikap persuasif dan menjunjung tinggi cara santun dan beretika dalam bertugas. Itu yang lebih diutamakan,” katanya lagi.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati, H Eldi Ramli, dalam sambutannya mengatakan sudah seharusnya seluruh anggota Pol PP menjadi panutan bagi masyarakat. Harus mampu menunjukkan kinerja yang optimal dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sehingga menghapus kesan negatif. Karena kesan negatif tersebut, memberikan citra yang tidak menguntungkan bagi seluruh jajaran Satpol PP itu sendiri.

Eldi juga berharap hendaknya latihan bela diri ini menjadi agenda rutin Satpol PP Bengkalis, guna meningkatkan kemampuan fisik dan keterampilan dalam menjalankan tugas. Pada akhirnya, personil Pol PP Kabupaten Bengkalis selalu memiliki jiwa kesatria, kepribadian dan rasa tanggungjawab yang tinggi, serta tangguh dan profesional.

“Sebagai institusi penyelenggara ketertiban dan ketenteraman umum, Satpol PP harus menampilkan wajah yang tegas namun tetap humanis. Wajah tegas bukan berarti arogan atau mau menang sendiri, tetapi harus tampil semakin kuat dan kokoh dalam menjalankan tugasnya,” harapnya. (d_IB.C)