600 Rumah Layak Huni Dibangun

icon   Pada 27 September 2011 Bagikan ke :

11-May-2011

BENGKALIS - Pemkab Bengkalis melalui Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, tahun 2011 akan membangun 600 rumah layak huni untuk masyarakat kurang mampu. Untuk pembangunan langsung diserahkan kepada masyarakat menggunakan system OMS.

“ Kita membantu dalam bentuk uangsenilai Rp45 juta untuk tiap unit dengan tipe 36. pembangunan dilakukan masyarakat yang diawasi oleh Konsultan,”ujar kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bengkalis, Eduar ditemui, Rabu(11/5/11).

Dijelaskan Edwar, rumah layak huni tersebut akan dibagi perkecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis. Sementara indikator masyarakat yang menerima program tersebut diutamakan mereka yang terdata sebagai rumah tangga miskin (RTM), memiliki tanah sendiri atau tanah keluarga dan belum memiliki rumah layak untuk huni.

“ saat ini masih dalam tahap proses pendataan dimasing-masing Kecamatan. Untuk beberapa kecamatan ada yang telah menyerahkan data-data masyarakat yang diusulkan untuk mendapatkan bantuan rumah layak huni,” paparnya.

Sementara untuk tenaga konsultan perencana pembangunannya dalam tahap proses lelang. Untuk masing-masing kecamatan akan ditempatkan satu konsultan. Tugas merancang dan mengawasi pembangunan rumah layak huni yang dikerjakan oleh masyarakat menggunakan system OMS.

“ Sebagaimodal awal untuk pembangunan rumah layak huni ini, tahappertama akan kita cairkan sebesar 40 persen melalui rekening OMS. Setelah pekerjaan fisik jalan 30, akan dicairkan lagi dana sebesar 30 persen.sedangkan sisanya sebesar 30 persen lagi akan dicairkan ketika bobot pekerjaan fisik mencapai 70 persren,”jelas Edwar.(auf/win_DP)