80 Orang Guru SMP/MTs Ikuti Pelatihan

icon   Pada 16 Desember 2011 Bagikan ke :
Bengkalis – Sebanyak 80 orang guru SMP/MTs se-Kabupaten Bengkalis, mengikuti pelatihan guru mata pelajaran, khususnya bagi guru-guru SLTP terhadap mata pelajaran yang akan di-UN-kan April 2012 mendatang. Kegiatan pelatihan itu sendiri ditaja Dinas Pendidikan Bengkalis melalui Bidang Pendidikan Dasar.

Pelatihan guru mata pelajaran, khususnya bagi guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA yang di-UN-kan ini, dilaksanakan selama enam hari mulai Kamis (15/12/11) malam kemarin hingga Selasa (20/12/11) mendatang. Seluruh rangkaian kegiatan ini dipusatkan di aula Marina Pantai Hotel Bengkalis.

Ketua panitia penyelenggara kegiatan Busyairil SPd MPd saat ditemui di sela-sela kegiatan yang berlangsung mengatakan, bahwa tujuan dilaksanakaannya pelatihan guru mata pelajaran se Kabupaten Bengkalis ini, sebagai upaya untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru mata pelajaran yang akan di-UN-kan di tahun ajaran 2011/2012, yakni mengenai pembuatan persiapan mengajar, membedah dan menganalisis standar kompetensi kelulusan (SKL), membedah standar kompetensi kelompok mata pelajaran (SK-KMP).

“Melalui kegiatan ini juga kita menginginkan agar para guru mata pelajaran, mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menyusun kisi-kisi soal, serta membuat soal yang valid dan reliable, termasuk agar para guru mengetahui dan terampil dalam memprediksi soal UN yang bakal diuji nantinya,” terang Busyairil.

Lebih lanjut dikatakannya, dalam pelatihan ini, pihaknya sengaja mnghadirkan sejumlah narasumber/instruktur dari pusat, tingkat provinsi dan instruktur lokal. “Dalam pelatihan ini, para guru dibagi dalam empat kelompok sesuai bidang studi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA. Masing-masing kelompok terdiri dari 20 orang guru yang materi pelatihan dilakukan secara bersamaan dan disampaikan oleh instruktur masing-masing,” ulas Busyairil lagi.** (eko/eko_UR.C)