Antisipasi Arus Mudik dan Balik, Pemkab Bengkalis Siagakan 5 Roro

icon   Pada 27 Mei 2019 Bagikan ke :

BENGKALIS – Untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik dan balik musim perayaan Idul Fitri 1440 H dari dan menuju Pulau Bengkalis, Pemerintah Kabupaten Bengkalis menyiagakan 5 unit armada kapal penyeberangan  atau Ro-Ro (Roll on Roll off).

Armada kapal penyeberangan ini akan melayani jalur penyebarangan di pelabuhan Air Putih, Kecamatan Bengkalis menuju Sungai Selari Kecamatan Bukit Batu dan sebaliknya.

Dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis, Djoko Edi Imhar, melalui Sekretaris Zul Asri mengatakan kelima armada kapal Ro-Ro penyeberangan itu, yakni KMP Swarna Putri, KMP Bahari Nusantara, KMP Mulia Nusantara, KMP Mutiara Pertiwi dan KMP Permata Lestari.

Menurut Zul Asri, diperkirakan lonjakan arus mudik untuk balik kampung ke Pulau Bengkalis, pada Rabu 29 Mei 2019. Mengingat mulai tanggal 30 Mei 2019, sudah mulai libur.

“Begitu terjadi lonjakan kendaraan tinggi, maka seluruh armada akan dioperasikan. Namun jika sifatnya masih normal, kita turunkan 4 unit armada roro. 1 unit roro sifatnya standbay guna perawatan,” ungkap Zul Asri.

Setiap harinya Ro-Ro bakal beroperasi dari pukul 06.30 WIB hingga 24.00 WIB. Jika antrian masih panjang, operasinya akan ditambah hingga pukul 02.00 WIB dini hari dan semua roro akan beroparasi.

Sementara itu, sejumlah warga pengguna jasa penyeberangan Ro-Ro Air menyambut baik penambahan armada roro. Untuk memaksimalkan pelayanan jasa penyeberangan, warga berharap agar pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis dapat memaksimalkan pelayanan saat antrian.

“Kita semua tahu, saat arus mudik sudah dipastikan terjadi antrian panjang kendaraan. Nanti saya minta agar tidak lagi ada yang menerobos antrian. Kadang ada juga yang nakal merobos antrian sehingga orang lain jadi marah,” harap Budi (43), warga Senggoro. #DISKOMINFOTIK