Anugerah Adipura Tahun 2010 untuk Kota Bengkalis

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :
08-June-2010

JAKARTA – Bupati Bengkalis H Syamsurizal, menerima anugerah Adipura Tahun 2010 untuk Kota Bengkalis. Bersama kepala daerah lain yang menerima penghargaan serupa, anugerah sebagai kota terbersih kategori kota kecil bagi ibu kota kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini, diserahkan langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono dan Menteri Negara Lingkungan Hidup, Gusti Muhammad Hatta di Istana Negara, sekitar pukul 11.00 Wib, Selasa (8/6) kemarin.

Kabag Humas Pemkab Bengkalis, Johansyah Syafri dari Jakarta melaporkan, Bupati Bengkalis menyampaikan salam takzim dan terima kasih kepada masyarakat Bengkalis, khususnya Kota Bengkalis dan juga aparatur Pemerintah Bengkalis yang telah dapat kembali meraih anugerah tersebut. Berhasil meningkatkan kebersihan lingkungan dan keteduhan, sehingga Kota Bengkalis kembali dapat meraih anugerah tersebut.

Secara khusus Bupati Bengkalis juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada jajaran pasukan kuning (petugas kebersihan) dari Dinas Pasar, Kebersihan dan Pertamanan Bengkalis beserta instansi terkait dan masyarakat Kota Bengkalis yang telah menunjukkan kinerjanya yang baik, sehingga menjadi kontribusi dalam memperoleh apresiasi dan penilaian yang tinggi dari tim penilaian anugerah Adipura yang beberapa waktu lalu langsung turun ke Kota Bengkalis.

“Saya tidak akan berada di Istana Negara Jakarta untuk menerima Piala Adipura langsung dari Presiden ini, kalau masyarakat Kota Bengkalis tidak mencintai kebersihan dan tidak memelihara keindahan di lingkungannya masing-masing. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang mau secara sadar, bersama-sama dan bahu-membahu mencintai dan menjaga kebersihan Kota Bengkalis”, ujar Syamsurizal.

Ditambahkannya, hakekat penghargaan anugerah Adipura yang diterimanya adalah penghargaan untuk seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis. Karenanya Bupati Bengkalis minta agar seluruh jajarannya beserta warga masyarakat di daerah ini untuk terus membulatkan tekad guna mempertahankan keberhasilan ini dengan cara membiasakan pola hidup bersih, sejuk dan indah baik di lingkungan perumahan, perkantoran, pendidikan dan tempat-tempat lainnya.

Pada bagian lain, Syamsurizal mengajak seluruh warganya menjadikan pola hidup bersih sebagai budaya keseharian kapan dan dimanapun. “Mari kita jadikan anugerah Adipura yang diterima Kota Bengkalis ini sebagai pemicu dan pemacu untuk semakin meningkatkan kesadaran akan arti penting kebersihan dan keindahan lingkungan kita. Karena kebersihan merupakan awal membuat diri kita menjadi bersih. Kalau sudah bersih tentu segala sesuatu pasti damai dan indah”, ajaknya.

Sementara itu, Plt Sekretaris Daerah, H Mukhlis menjelaskan, sebagai salah satu bentuk ungkapan terima kasih kepada semua pihak terkait, setibanya di Bengkalis, akan diadakan acara syukuran dan penyambutan secara khusus. Acara tersebut akan dilaksanakan di halaman pelabuhan Bandar Sri Laksamana Bengkalis pada Rabu (9/6) pagi besok

sumber bagian humas “Insya Allah, sesuai rencana, acara syukuran dan penyambutan ini akan dimulai sekitar pukul 09.30 Wib. Setelah itu piala Adipura akan dikirab keliling Kota Bengkalis”, kata Mukhlis saat ditemui di Kantor Bupati Bengkalis, kemarin. Ditambahkan Mukhlis, acara sykuran dan penyambutan itu nantinya bakal dihadiri sekitar 1.000 orang lebih. Selain unsur Muspida, Pimpinan DPRD dan pejabat di lingkungan Pemkab Bengkalis, tokoh masyarakat dan pemuka agama, warga masyarakat dan pelajar, ratusan ‘pasukan kuning’ yang selama ini banyak memberikan andil dalam menjaga kebersihan dan keindahan Kota Bengkalis Bengkalis, juga akan ikut serta dalam acara tersebut. Pada bagian lain, Mukhlis mengajak seluruh warga daerah ini, khususnya Kota Bengkalis untuk bersama-sama menghadiri acara penyambutan dan syukuran tersebut. Sedangkan bagi yang tidak sempat hadir, diharapkan dapat ikut meramaikan kirab anugerah Adipura tersebut di rute yang akan dilalui. Kata Mukhlis, kirab tersebut akan dimulai dari Bandar Sri Laksamana. Kemudian, Piala Adipura tersebut akan diarak melalui sejumlah ruas jalan di Kota Bengkalis. Yaitu Jln Jend Sudirman, Gatot Subroto, Hang Tuah, Sultan Syarif Kasim serta kembali ke Jln Jend Sudirman. Selanjut ke Jln Jend A Yani dan berakhir di Kantor Bupati Bengkalis. Masih kata Mukhlis, usai menerima anugerah Adipura di Istana Negara dan menghadiri acara bersama Menteri Negara Lingkungan Hidup di Hotel Borobudur Jakarta bersama para kepala daerah lainnya, Selasa malam Bupati Bengkalis dan rombongan kembali ke Pekanbaru. Kemudian, Rabu pagi, sekitar pukul 06.30 Wib, rombongan Bupati Bengkalis bertolak dari Pekanbaru menuju Bengkalis menggunakan speedboat Pemdalis 04. “Sesuai jadwal, Bupati Bengkalis dan rombongan tiba di pelabuhan Bandar Sri Laksamana sekitar pukul 09.15 Wib”, jelasnya. Dikatakan Mukhlis, bagi Kota Bengkalis, keberhasilan meraih anugerah tahun 2010 ini merupakan untuk yang kesekian kalinya. Penghargaan serupa, sebelumnya juga pernah diraih pada tahun 1994 dan 1996. Begitu juga tahun 2002, Kota Bengkalis juga mendapat penghargaan serupa dalam lomba kota terbersih se Provinsi Riau dari Pemerintah Provinsi Riau, juga untuk kategori kota kecil. Selain Kabag Humas turut bersama Bupati Bengkalis menerima anugerah Adipura di Jakarta tersebut diantaranya dan Kadis Pasar, Kebersihan dan Pertamanan, H Najamuddin, dan Kabag Tata Pemerintahan H Muhammad Fadli.