APBD 2011 Mulai Digunakan, Bupati Bengkalis Minta Jajajarannya Perhatikan 7 Poin

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :
07-April-2011

BENGKALIS- Dengan dimulainya penggunaan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2011, Bupati Bengkalis H. Herliyan Saleh mengingatkan kepada jajarannya dalam realisasinya di lapangan

Setidaknya, dalam tahun pertama program masa jabatan Bupati tersebut, dirinya menyampaikan 7 hal penting yang harus dilakukan, dipaparkan Bupati, agar jajarannya mampu mengamankan APBD 2011 dari unsur kebocoran, menekan anggaran dari penyelewengan yang dijalankan secara konfrehensif dan tanpa pandang bulu.

Kedua agar seluruh jajarannya meningkatkan rencana penyusunan bagi kelancaran pelaksanaan APBD pada masa periode mendatang yang akhirnya akan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat di Kabupaten Bengkalis.

Ketiga, para penyelenggara anggaran untuk dapat melaksanakan rencana anggaran dan segera membentuk serta menyiapkan hal-hal penting dari pelaksanaa seperti pada kegiatan pengadaan barang dan jasa.

Keempat, Bupati meminta kepada seluruh SKPD di lingkungan Pemkab Bengkalis untuk membuat rencana kebijakan bertujuan untuk memanfaatkan sumber dana dari APBN dan juga propinsi atau jangan hanya mengandalkan dana APBD. "Sehingga bagaimana dana hibah yang bisa diperoleh dari APBN maupun APBD Propinsi bisa didapatkan di Bengkalis secara proposional dari tahun ke tahun," ujar Bupati Bengkalis H. Herliyan Saleh belum lama ini di Bengkalis.

Selanjutnya diungkapkan Bupati, seluruh panitia pada kegiatan pengadaan barang dan jasa yang telah ditunjuk pada setiap SKPD, segera melaksanakan proses pelelangan dan mengacu pada aturan Presiden. Keenam, kepada seluruh Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) agar segera melaksanakan apa yang telah tertuang di dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) di dalam SKPD berdasarkan pada aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

"Laksanakan apa yang telah tertuang dalam DPA dan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Dan jangan ragu-ragu dalam melaksanakan kegiatan demi lancarnya roda pembangunan daerah kita ini di kabupaten Bengkalis," katanya lagi.

Terakhir, Bupati juga meminta kepada seluruh jajarannya agar dalam penggunaan dana APBD pada tahun 2011 menggunakan langkah efisiensi dan penghematan yang dilakukan secara rasional dan penuh kesungguhan. Meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan amanah pekerjaan.

"Kita tidak boleh boros dalam menggunakan anggaran. Bekerja sesuai dengan kinerja yang baik, bukan berarti menganggarkan anggaran sebanyak-banyaknya agar target kerja dapat tercapai. Tetapi bekerja dengan biaya yang akan digunakan lebih rasional," harapnya.

"Pahami dan ikuti aturan dan petunjuk terkait dengan kegiatan, karena peraturan selalu berubah-ubah. Bekerjsamalah antara SKPD sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Melakukan koordinasi untuk mensukseskan pelaksanaan kegiatan. Patuhi sistem pelaporan dalam pelaksanaan kegiatan. Saya ingatkan, bahwa kita selalu lalai dalam hal ini utnuk itu kedepan saya berharap agar pelaksanaan pelaporan pertanggungjawaban ini hendaknya menjadi perhatian serius bagi kita dalam melaksanakan kegiatan pada tahun ini," himbaunya.***(dik)