APBD Selesai Diverifikasi, SKPD Diingat Bergerak Cepat

icon   Pada 5 Februari 2012 Bagikan ke :
BENGKALIS – APBD Kabupaten Bengkalis 2012 sudah selesai diverifikasi sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Saat ini Pemkab tengah menunggu keputusan Gubernur Riau tentang hasil verifikasi sebelum APBD digunakan. Untuk itu kepada satuan kerja perangkat daerah diingatkan supaya bergerak cepat mempersiapkan segala yang dibutuhkan untuk proses lelang kegiatan.

“Pembahasan dilakukan sesuai jadwal dan sebagian besar satuan kerja perangkat daerah (SKPD) ikut dalam pembahasan itu,” ujar Kepala Bappeda Kabupaten Bengkalis H Jondi Indra Bustian, Minggu (5/2/12).Jondi yang pada saat verifikas tidak bisa hadir mengungkapkan, secara teknis memang ada beberapa kegiatan yang dibahas. Pada prinsipnya kegiatan-kegiatan yang sudah dibahas bersama dengan DPRD dan tertuang dalam APBD 2012 tidak banyak mengalami perubahan.

Beberapa hal umum yang dibahas saat proses verifikasi, sambung Jondi, keserasian antara kebijakan-kebijakan di daerah dengan kebijakan propinsi dan nasional. Kemudian keserasian antara kepentingan publik dan kepentingan aparatur.

“Kemudian sejauh mana APBD yang kita susun ini tidak bertentangan dengan kepentingan umum, peraturan yang lebih tinggi ataupun peraturan daerah lainnya,” jelas Jondi.Melihat jadwal yang ada, ujar Jondi, diperkirakan minggu kedua Februari APBD 2012 sudah bisa dilaksanakan. Bila dibandingkan dengan tahun 2011, maka pelaksanaan APBD tahun ini bisa lebih cepat seiring dengan cepatnya proses pengesahan.

Secara terpisah Ketua DPRD Bengkalis Jamal Abdillah mengimbau seluruh SKPD agar mempersiapkan segala sesuatu terkait dengan program kegiatan yang telah disusun. Sambil menunggu keputusan Gubri, pihaknya berharap agar SKPD harus bergerak cepat. Sebagai contoh, Rancangan DPA SKPD harus sudah final agar tidak butuh waktu lama untuk ditetapkan menjadi DPA.

“Satu hal lagi proses pelaksanaan tender untuk kegiatan-kegiatan yang harus dilelang, kita minta agar instrumennya bisa disiapkan jauh-jauh hari. Panitia lelangnya harus sudah mulai disusun agar bisa segera ditetapkan. Jangan pula begitu APBD sudah final, jangankan SK panitia lelang, orang yag akan ditunjuk untuk panitia lelang pun mungkin belum ada atau masih mencari-cari,” papar Jamal. (man_HLR)