Audiensi dengan Pengurus HKBP Bengkalis, Wabup Sampaikan Pentingnya Jaga Kesatuan Demi Bengkalis Bermasa

icon   Pada 25 Oktober 2023 Bagikan ke :

BENGKALIS - Bupati Kasmarni diwakili Wabup H. Bagus Santoso menerima audiensi Pengurus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Bengkalis, di ruang rapat Wabup, Kantor Bupati Bengkalis. Selasa, 24 Oktober 2024.

Wabup Bagus Santoso mengungkapkan, di masa kepemimpinan Kasmarni Bagus Santoso, terus berupaya menciptakan kolaborasi, kebersamaan, saling menghargai dan memahami agar tagline Bengkalis Bermasa dapat terwujud.

"Atas nama Pemkab Bengkalis, saya menyampaikan salam Bupati Kasmarni, mari kita bangun kesatuan dan saling menghargai. Saya senang atas kehadiran Pengurus HKBP. Mari kita berkoordinasi, apa yang bisa kami bantu dan apa yang bisa dibantu untuk daerah ini," ungkap Bagus.

Terkait bantuan untuk rumah ibadah, Wabup menjelaskan Pemkab Bengkalis menaruh perhatian khusus tanpa memandang agama tertentu. 

"Apa yang bisa kami bantu untuk umat, pasti kami bantu, kami tidak membedakan, mau Islam, Kristen Hindu dan Budha, kita harus saling menghormati dan menghargai," jelasnya. 

Sedangkan Pimpinan Jemaat HKBP Bengkalis Pdt. A Manulang menjelaskan, kedatangannya bersama pengurus dalam rangka menyampaikan rencana pelaksanaan puncak Jubelium HKBP ke-75 yang akan digelar tahun 2024 mendatang. 

"HKBP ini sudah sedunia gerejanya. Sedangkan di Bengkalis sudah berusia 74 tahun berdiri, sesuai fakta sejarah berdiri tahun 1949, waktu itu jemaatnya dari berbagai suku, ada Batak, Ambon, Cina dan Jawa, ibadahnya menggunakan bahasa Indonesia. Kami berniat menggelar puncak Jubelium HKBP Bengkalis tahun 2024 mendatang, untuk itu mohon dukungan dan kehadiran Bupati Bengkalis,"ungkap Pdt. Manulang. 

Sejauh ini, tambahnya, Pemkab Bengkalis telah memberikan perhatian lebih untuk HKBP, untuk itu setiap jemaat sangat bersyukur atas perhatiannya dalam bentuk bantuan operasional gereja dan pembangunan fisik. 

"Dulu Jemaat HKBP Bengkalis hanya 14 KK sekarang sudah 108 KK, dan gereja ini adalah gereja tertua di Bengkalis, kalau di Riau nomor dua setelah HKBP Hangtuah. Kami mohon Pemkab Bengkalis selalu memberikan dukungan, dengan dukungan pemerintah, kami semakin semangat dalam beribadah, dalam melaksanakan iman kepercayaan kami," papar Pdt. Manulang yang didampingi Ketua Panitia Jubelium HKBP Bengkalis Heribertus Sitorus.

Dalam audiensi ini Wabup didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Bengkalis Andris Wasono, Plt Kabag Kesra Herman Nur dan Staf Bagian Umum Setda Bengkalis.#DISKOMINFOTIK