Bangun Indonesia dengan Optmisme

icon   Pada 25 September 2011 Bagikan ke :
20-May-2009

Bengkalis - Peringatan Hari kebangkitan Nasional yang ke 101 tahun, berlangsung meriah dan khidmat. Bertindak selaku inspektur upacara Sekretaris Daerah H Sulaiman mewakili Bupati Bengkalis

Ketika membacakan pidato tertulis Menteri Komunikasi dan Informasi, Sekda mengatakan, untuk mewujudkan pembangunan Indonesia yang lebih maju ke depan dibutuhkan optimisme dari segenap warga negara.

“sebagai bangsa yang besar, kita harus optimis menatap masa depan, karena kita hidup di abat ke-21 yang penuh dengan segala kemungkinan dan peluang. bangsa kita memiliki kemampuan dan bisa mengubah nasib dan masa depan kita, serta bisa manjadi negara maju, unggul dan sejahtera“, demikian dijelaskan Sekretaris Daerah H Sulaiman Zakaria ketika bertindak sebagai Inspektur Upacara peringatan Harkitnas, Rabu (20/5).

Lebih jauh ia mengatakan, bangsa Indonesia perlu memberikan makna yang lebih luas dan strategis berkait dengan peringatan harkitnas. yakni kebangkitan untuk bisa membangun bangsa yang maju, demokratis, adil dan sejahtera.

“ada dua makna penting dari peringatan hari-hari nasional seperti harkitnas. pertama, berkait dengan momentum untuk merenungkan dan merefleksikan diri terhadap perjalanan dan langkah panjang yang telah dilalui. kedua, sebagai upaya untuk menatap masa depan yang lebih baik, sehingga sebuah cita-cita luhur saat digagasanya nilai-nilai nasionalisme yang kini menjadi tonggak peringatan harkitnas, bisa terus terjaga“, jelasnya.

Perjuangan untuk meraih kemandirian, jelasnya, telah dilalui lebih dari Seratus tahun, dan selalu saja yang menjadi sasarannya adalah terwujudnya kehidupan yang lebih baik, maju, adil, dan lebih sejahtera.

“Akan tetapi ukuran terhadap kulitas kemajuan, keadilan dan kualitas kesejahteraan selalu berubah, bersifat dinamis dan berjenjang kepada tingkatan-tingkatan tertentu. karena itu, perjuangan untuk mewujudkannya dalam realitas kehidupan berbangsa dan bernegara, sesunggunya merupakan perjuangan yang tidak pernah berakhir“, jelas Sekda.

Pada bagian lain isi pidato tersebut, Sekda Sulaiman mengajak seluruh peserta upacara untuk terus mempertahankan dan memperkuat tiga kekuatan bangsa. yaitu: kemandirian, daya saing, dan peradaban bangsa.

“insyaallah, dengan terus meningkatkan ketiga kekuatan bangsa itu, kita akan dapat melangkah maju, menuju indonesia yang aman, damai, adil, demokratis dan sejahtera dalam bingkat otonomi daerah, yang menuntut peran semua warga masyarakat dalam pembangunan“, harapnya.

Upacara Harkitnas yang bertemakan “dengan semangat Kebangkitan nasional kita tingkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara menuju Indonesia yang damai, adil, demokratis, dan sejahtera“ ini, dihadiri oleh Kapolres AKBP Marudut Hutabarat, Kepala PN Bengkalis, Supeno, Danramil Kapt. Harahap, dan seluruh Pejabat dan pegawai dilingkungan Pemkab Bengkalis. Usai upacara bendera, dilanjutkan dengan acara tabur bunga di makam Pahlawan kesuma Kesatria.

sumber bagian humas setda kab.bengkalis