Baznas Gelar Bimtek UPZ Masjid-Mushalla di Rupat dan Rupat Utara

icon   Pada 16 Maret 2023 Bagikan ke :

RUPAT – Bupati Bengkalis Kasmarni melalui Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Drs Johansyah Syafri membuka Acara pembukaan Bimtek Peningkatan Kapasitas Pengurus UPZ Mesjid dan Mushalla Kecamatan Rupat dan Rupat Utara,di Balai Desa Pangkalan Nyirih Kecamatan Rupat Kamis, 16 Maret 2023, dengan Tema "Mewujudkan Amil Kompeten dan Profesional".

Pada kesempatan tersebut, Johan menyampaikan, dalam pengelolaan, pengembangan serta pengumpulan zakat, agar lebih maksimal, yang kesemuanya akan bermuara pada meningkatnya manfaaat zakat dalam pembangunan ummat di negeri junjungan yang kita cintai ini.

"Baznas Kabupaten Bengkalis, terus mengalami perkembangan yang cukup baik dan signifikan dari tahun ketahun khususnya kecamatan Rupat dan Rupat utara, dan kedepannya, kinerja Baznas terus membaik dan berprestasi, melalui berbagai terobosan dan inovasi yang dilakukan agar potensi pengumpulan zakat, infaq dan sedekah yang ada di negeri junjungan ini bisa kita optimalkan," ujarnya.

Namun demikian, kata Johan, besarnya potensi zakat yang kita miliki saat ini, tentunya tidak akan tercover sendiri oleh komisioner Baznas yang personilnya cukup terbatas. akan tetapi, segala potensi tersebut, tentunya dapat kita optimalkan, jika adanya sinergi serta dukungan penuh dari para amil yang berada di UPZ baik di Kecamatan, Desa, Kelurahan, Sekolah, Mesjid, Mushalla, perusahaan dan tempat-tempat lainnya, sesuai peran dan fungsinya.

Selain itu, jadikan masjid dan mushalla sebagai bagian integral dari sistem pengelolaan zakat, sekaligus sebagai mitra strategis dalam upaya meningkatkan kesadaran zakat masyarakat memang harus kita perkuat, karena masjid dan mushalla dianggap sebagai institusi yang paling dekat dengan umat.

Sehingga untuk pelaksanaan sosialisasi memberikan pemahaman zis, termasuk upaya pengumpulan dan pendistribusian zis kepada masyarakat dan mustahik menjadi lebih mudah.

"Kepada pengurus UPZ masjid dan mushalla kami berharap, agar dapat mengikuti bimtek ini dengan serius dan semangat, agar kedepannya dapat lebih berdaya dan berhasil guna. Laksanakan tugas dan amanah sebagai pengurus UPZ secara ikhlas, cerdas dan tuntas dalam mengoptimalkan pengumpulan zakat," pesan Johan.

Terus gali potensi zakat yang berada di wilayah kerja masing-masing, sehingga tujuan zakat benar-benar dapat kita lakukan dan kita berdayakan. dan kepada pimpinan baznas kabupaten bengkalis kami berharap setelah dilaksanakan bimtek ini secepatnya dilaksanakan penguatan kelembagaan UPZ masjid dan mushalla yang ada di negeri junjungan ini, tutup Johan.

Tampak Hadir, Wakil Ketua Baznas I Hambali, Camat Rupat diwakili oleh kasi Trantib Kecamatan Rupat Khairul, Camat Rupat Utara diwakil oleh Sekcam Gauk Rizal, Forkopimcam Rupat dan Rupat Utara, serta tamu undangan lainnya.