Bengkalis Hibahkan Lahan 3.000 M2 Bangun Pelabuhan

icon   Pada 24 November 2011 Bagikan ke :
BENGKALIS - Pemkab Bengkalis menghibahkan lahan seluas 3.000 M2 untuk lokasi pembangunan pelabuhan di di Dusun Kampung Tengah, Desa Batu Panjang Kecamatan Rupat. Hal ini sesuai permintaan Pemerintah Pusat melalui Departemen Perhubungan RI dan hasil dari konsultasi ke DPR RI.

Demikian rangkuman hasil rapat antara Perwakilan Dephub RI, yakni Kantor Unit Pelayanan Pelabuhan (UPP) Batu Panjang, Dinas Perhubungan Kominfo Kabupaten Bengkalis, Bagian Pertanahan dan Bagian Perlengkapan Setdakab Bengkalis, yang berlangsung di Lantai II, Kantor Bupati, Kamis (24/11/11) siang.

Masih berdasarkan hasil rapat, Pemkab Bengkalis bersedia memberikan hibah lahan seluas 3.000 M2 itu, kepada Dephub RI dengan beberapa catatan diantaranya, bahwa lahan tersebut akan dibangun bukan atas dasar komersial dan hanya dibangun untuk akses jalan pelabuhan umum, dan di atas lahan itu merupakan bangunan yang akan digunakan oleh instansi terkait dalam pengelolaan pelabuhan umum.

Kemudian Pemkab Bengkalis juga akan melakukan pembebasan tanah/lahan sekitar pelabuhan umum itu, sebagai langkah upaya komersialisasi pelabuhan minimal seluas 4 hektar. Kemudian di atas lahan tersebut hanya akan di bangun untuk mendukung kegiatan kepelabuhanan seperti bangunan gudang, maupun tempat penumpukan barang dan lain sebagainya.

Bahwa proses pengelolaan pelabuhan umum, sesuai dengan ketentuan yang berlaku akan diserahkan kepada Badan Usaha Pelabuhan (BUP) yang akan didirikan oleh Pemerintah Daerah. Sedangkan tarif-tarif pemanfaatan pelabuhan akan disesuaikan dan ditentukan kemudian, dengan tujuan pemasukan UPP maupun BUP daerah.

"Nah, hasil rapat kita sepakati, bahwa tanah/lahan yang ada di sana dihibahkan ke Pusat (Dephub RI, red) untuk di bangun pelabuhan umum tahun 2012 mendatang. Kesepakatan ini juga ada beberapa catatan dan akan ada penambahan areal jika di komersilkan kemudian," ujar Kepala Dishub Kominfo Bengkalis H Elfian Ramli melalui Kepala Bidang Perhubungan Laut, Indra Buana.(zul_HL.C)