Bengkalis Tampilkan Perahu Lancang Kuning

icon   Pada 28 November 2011 Bagikan ke :
BENGKALIS – Kafilah Kabupaten Bengkalis tampil di urutan kedua pada Pawai Ta’ruf Musbaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Propinsi Riau yang dilepas oleh Gubernur Riau di depan Danau Raja, Rengat, Indragiri Hulu, Sabtu (26/11/11).

Tak kalah dengan Kafilah Kabupaten /Kota lainnya, Negeri Junjungan menampilkan mobil hias replika perahu Lancang Kuning.

Seperti disampaikan Kabag Humas, Setdakab Bengkalis, Basri, Perahu Lancang Kuning sangat termasyur sebagai perahu perang yang digunakan oleh Datuk Laksamana Raja Dilaut untuk berperang. Perahu berkepala burung Garuda itu menandakan betapa perkasanya Datuk Laksamana Raja Dilaut yang berasal dari Bukit batu.

Selain itu, perahu juga menandakan sebagai alat Transportasi Kabupaten Bengkalis yang terdiri dari perairan. Perahu juga dilukiskan sebagai alat transportasi bagi nelayan menangkap ikan.

Selain perahu, Kafilah Bengkalis juga menampilkan replika mesjid dengan pompa angguk. Raplika mesjid mengibaratkan bahwa masyarakat Negeri Junjungan yang agamis, sementara pompa angguk melambangkan daerah ini sebagai daerah penghasilan terbesar. (HUMAS)