Buka Jambore PAUD, Bupati Kasmarni Ingatkan PAUD Harus Memiliki Empat Elemen

icon   Pada 2 November 2022 Bagikan ke :

BENGKALIS - Bupati Bengkalis Kasmarni membuka kegiatan Jambore Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pembinaan Karakter PAUD Kabupaten Bengkalis tahun 2022, Rabu (2/11/2022), bertempat di Lapangan Tugu Bengkalis.

Jambore yang diikuti seluruh Bunda PAUD dan tenaga pendidik anak usia dini se-Kabupaten Bengkalis itu dilaksanakan selama 3 hari, 1 - 3 November 2022, dengan Mengangkat tema "Bersama Kita Wujudkan PAUD Berkualitas Menuju Bengkalis Bermarwah Maju dan Sejahtera (Bermasa)".

Dalam arahannya Bupati Bengkalis yang juga selaku Bunda PAUD Kabupaten mengatakan momentum jambore PAUD merupakan media, untuk kita menggugah peran serta masyarakat termasuk pemerintah dan swasta, agar ikut memiliki awarrenes (kesadaran diri) yang tinggi, akan pentingnya pendidikan anak usia dini beserta pemenuhan kebutuhannya, baik dari sistem pengajaran, lembaga pendidikan maupun kredibilitas pengajarnya. 

Ditambahnya lagi, untuk memenuhi PAUD berkualitas itu harus memenuhi empat elemen, yakni, harus memiliki kualitas proses pembelajaran yang baik kemudian PAUD harus bermitra dengan orang tua, dan yang paling penting PAUD harus memiliki tata kelola yang baik serta PAUD harus memantau dan mendukung terpenuhinya kebutuhan esensial anak.

"Apabila semua PAUD yang ada di daerah ini, dapat memenuhi elemen – elemen tersebut diatas secara baik, maka tidak ada lagi PAUD yang tidak berkualitas didaerah ini, karena layanan PAUD berkualitas turut mendukung terwujudnya layanan PAUD holistik integratif, yakni pendidikan yang mengintegrasikan segala aspek dan nilai-nilai dalam pendidikan seperti nilai moral, etis, religius, psikologis, filosofis, dan sosial dalam kesatuan yang dilakukan secara menyeluruh," ujar Bupati.

Diakhir sambutan Bupati Perempuan pertama di Kabupaten Bengkalis Negeri Junjungan ini mengajak kepada semua tenaga pendidik PAUD, untuk ikut berkomitmen, dalam percepatan penurunan stunting di daerah, mengingat masa perkembangan PAUD, merupakan masa-masa keemasan pertumbuhan otak anak. Sedangkan stunting itu sendiri bukan hanya tentang fisik, akan tetapi dapat menghambat perkembangan kognitif, motorik dan verbal yang menyebabkan pertumbuhan anak tidak berjalan optimal.

Hadir pada kegiatan Jambore PAUD, Dandim 0303/Bengkalis diwakili Kasdim, Mayor Arh. Sudiyono, Kapolres Bengkalis diwakili Kapolsek Bengkalis AKP Rudi Irwanto, Kajari Bengkalis diwakili Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Bengkalis, Isnan Ferdian, Kepala Kemenag Bengkalis, H. Khaidir.

Kemudian Staf Ahli Bupati Bidang SDM Alfakhrurrazy, Ketua TP PKK Kab. Bengkalis Hj. Siti Aisyah, Ketua MUI Bengkalis H. Amrizal, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bengkalis HJ. Kholijah, Plt. Kasat Pol PP Kab. Bengkalis Hengki Irawan, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan pengawas lingkup Kab. Bengkalis, serta Camat dan Bunda PAUD se-Kabupaten Bengkalis. #PROKOPIM