Buka MTQ Kecamatan Bengkalis, Bupati Sampaikan Berbagai Program Pembangunan 2024

icon   Pada 9 Juli 2024 Bagikan ke :

BENGKALIS - Di tandai dengan penekanan sirene, Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Wakil Bupati (Wabup) H Bagus Santoso secara resmi membuka pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-56 tingkat Kecamatan Bengkalis, di Astaka Utama, Halaman Kantor Camat Bengkalis, Minggu, 7 Juli 2024.

Dalam pengarahannya, Wabup mengajak seluruh masyarakat untuk terus mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an secara konsisten dan berkelanjutan. Karena hal tersebut akan menjadi point penting dalam upaya mencetak masyarakat yang beriman, berkarakter dan bertaqwa. 

"Namun penanaman nilai Qur’ani dalam kehidupan masyarakat tidak cukup dengan retorika dan pelaksanaan MTQ ini saja, akan tetapi perlu aksi nyata dari seluruh komponen masyarakat," sebutnya.

Dikesempatan itu, Wabup juga menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Bengkalis sudah bergerak maju dalam membangun negeri yang dibuktikan dengan berbagai prestasi, serta telah melaksanakan secara keseluruhan delapan program unggulan dan berbagai program pembangunan lain di semua bidang. Termasuk program infrastruktur yang secara bertahap akan terus dilaksanakan. 

"Untuk tahun 2024 ini, Kecamatan Bengkalis akan kita laksanakan peningkatan Jalan Air Putih-Selat Baru, peningkatan Jalan Kelapasari, pembangunan prasarana fasilitas umum perumahan pemukiman, pemasangan penerangan jalan umum di jalan baru, revitalisasi dan pengembangan Mesjid Agung Istiqomah, optimalisasi saluran drainase, peningkatan SPAM IKK, serta kegiatan-kegiatan di sektor pendidikan, kesehatan, pertanian, perhubungan, sosial dan sektor-sektor lainnya," ujar Bagus Santoso.

Beliau juga menjelaskan terkait pembangunan jembatan Pulau Bengkalis-Pulau Sumatera, yang telah menjadi isu besar di tengah-tengah masyarakat. 

"Saat ini kami bersama Pemerintah Provinsi Riau akan terus menggesa pembangunan jembatan yang menjadi idaman kita bersama. Alhamdulillah, semua persyaratan untuk pembangunannya telah terpenuhi. Saat ini pun kita telah masuk dalam proses pelaksanaan, sembari menunggu skema pendanaan yang akan ditetapkan oleh Pemerintah Pusat nantinya," jelasnya.

Menurutnya, berbagai hal untuk menjaga marwah daerah, memajukan dan mensejahterakan masyarakat tentu perlu dukungan dari semua pihak. Sehingga kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini dapat ditumbuh-kembangkan secara berkelanjutan dalam mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera.

Selain itu, Wabup juga berpesan kepada seluruh elemen agar bersama-sama menjaga situasi kamtibmas, supaya tetap aman dan kondusif. Mengingat saat ini telah memasuki tahapan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis. 

"Kami juga berharap agar masyarakat lebih berhati-hati, jangan termakan berita hoaks yang dapat menjadikan kita terpecah belah, tetap jaga persatuan dan kesatuan. Yang tak kalah pentingnya juga mari kita sukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis dengan mendatangi TPS serta menggunakan hak pilihnya pada tanggal 27 November mendatang. Karena satu suara bapak/ibu sangat berharga bagi daerah ini. Mari kita songsong Pilkada Kabupaten Bengkalis ini dengan penuh kegembiraan, keceriaan dan penuh persahabatan," tutupnya.

Pada pembukaan MTQ tersebut, turut mengundang Ustadz H Dasrizal M Nainin berasal dari Kabupaten Sijunjung, Provinsi Sumatera Barat, sebagai qori jemput. Salah satu prestasinya adalah juara 1 MTQ Internasional di Kuwait pada tahun 2022.

Dalam kesempatan itu, turut diserahkan bantuan dari Baznas Bengkalis secara simbolis kepada penerima Bidang Ekonomi Produktif, Bidang Kesehatan dan Rumah Layak Huni, yang diserahkan oleh Wabup Bagus Santoso.

Hadir dalam pembukaan tersebut Dandim 0303 Bengkalis, diwakili Pasi Ops Kapten CZI Suratmin, Kajari Bengkalis diwakili Kasi Datun Vegi Fernandez, Kapolres diwakili Kapolsek Bengkalis, AKP Faisal, Ketua Pengadilan Agama Bengkalis, Hasan Nul Hakim, Anggota DPRD terpilih, Boby Kurniawan, Ketua Baznas, Ismail.

Kemudian, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Andris Wasono, Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Insan Sriwati, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, H Bustami HY, Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis, Hj Siti Aisyah, Camat Bengkalis, Taufik Hidayat dan sejumlah Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis dan tamu undangan lainnya.