Baik Melalui Media Massa Maupun Medsos: Bupati Amril Mukminin Minta Perangkat Daerah Publikasikan Kegiatan ke Masyarakat

icon   Pada 5 Februari 2019 Bagikan ke :

BENGKALIS – Bupati Bengkalis Amril Mukminin minta berbagai program dan kegiatan di setiap Perangkat Daerah di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini, dapat dan terus dipublikasikan kepada masyarakat. Baik itu melalui media massa maupun media sosial (Medsos).

“Kami inginkan setiap kegiatan di masing-masing Perangkat Daerah terpublikasikan. Biar masyarakat juga mengetahuinya,” harap Bupati Amril, beberapa waktu lalu.

Katanya, publikasi tersebut bukan hanya melalui media massa. Tetapi juga bisa melalui Medsos, seperti facebook, instagram, twiter dan Medsos lainnya.

Masih kata mantan Kepala Desa Muara Basung Kecamatan Pinggir ini, yang harus dipublikasikan itu tak hanya program atau kegiatan yang dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Di luar yang dianggarkan dalam APBD, terangnya, masih banyak hal-hal lain yang bisa dipublikasikan untuk diketahui masyarakat. Misalnya, mengikuti rapat koordinasi maupun saat melakukan kunjungan kerja.

“Termasuk aktivitas internal setiap Perangkat Daerah. Kalau memang layak dan dinilai merupakan informasi publik yang patut diketahui masyarakat, tak ada salahnya bila dipublikasikan juga. Misalnya melalui website di masing-masing Perangkat Daerah,” jelasnya.

Bupati Amril mengatakan, publikasi tersebut diperlukan, bukan untuk pencitraan. Tapi guna memenuhi hak-hak masyarakat akan informasi publik. Supaya masyarakat tahu apa yang telah, sedang dan bakal dilakukan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Oleh setiap Perangkat Daerah.

“Kami yakin, bila masyarakat mengetahui apa yang kita lakukan untuk mereka, maka akan berkorelasi positif bagi peningkatan partisipasi masyarakat untuk ikut dan aktif menyukseskan pembangunan di daerah ini. Jadi jangan “pelit” untuk mempublikasikannya,” pesannya.

Bupati Amril juga mengatakan, secara tertulis dia sudah menyurati setiap Perangkat Daerah untuk menyampaikan data dan informasi tentang kegiatan yang telah, sedang dan akan dilakukan.

“Sudah. Melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik), masing-masing Perangkat Daerah sudah kami ingatkan pentingnya publikasi program dan kegiatan tersebut,” papar Bupati Amril.

Namun, imbuhnya, sampai kemarin (Senin, 4 Februari 2019), dirinya belum menerima laporan rekapitulasi dari Kepala Dinas (Kadis) Kominfotik mengenai Perangkat Daerah mana saja yang sudah atau belum menyampaikan data dan informasi tersebut.

“Kami sudah instruksikan Kadis Kominfotik untuk menyampaikan laporan rekapitulasi tersebut paling lambat Senin minggu depan (11 Februari 2019).

Kadis Kominfotik Membenarkan

Terpisah, Kadis Kominfotik Johansyah Syafri membenarkan, jika Bupati Amril Mukminin beberapa waktu lalu menyurati setiap Kepala Perangkat Daerah, supaya menyampaikan data dan informasi untuk dipublikasikan tersebut.

“Memang ada. Sesuai tugas dan fungsinya, Diskominfotik memang ditunjuk Bupati Bengkalis mengkoordinir pengumpulan data dan informasi untuk publikasi itu,” jelas Johan, Selasa, 5 Februari 2019.

Selain itu, mantan Kabag Humas Setda Bengkalis tak pula menyangkal ada “instruksi khusus” dari Bupati Bengkalis supaya melaporkan data Perangkat Daerah mana yang sudah atau belum mengindahkan perintah dalam surat itu.

“Saat ini sedang dipersiapkan teman-teman di Bidang Sumber Daya Komunikasi dan Informasi (SDKI). Tengah direkapitulasi Pak Achyan (Kabid SDKI) dan staf. In Shaa Allah, sesuai arahan, Senin depan laporan tertulis yang diminta itu sudah kami sampaikan ke Bupati Bengkalis,” pungkas Johan. #DISKOMINFOTIK