Bupati Bengkalis Harap Kadin Motivasi Pengusaha Lokal

icon   Pada 9 Januari 2012 Bagikan ke :
BENGKALIS- Bupati Bengkalis H. Herliyan Saleh mengharapkan, keberadaan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bengkalis menjadi motivator atau pemberi dorongan kepada kalangan pengusaha. Sejumlah program Pemerintah Kabupaten Bengkalis nantinya memerlukan dukungan Kadin. Diantaranya, terkait program pengembangan kawasan pariwisata, pengembangan kawasan industri buruk bakul (KIBB) dan rencana pembangunan pelabuhan Industri.

Herliyan juga meminta kepada Kadin, mampu bersinergi dan menangkap peluang-peluang yang ada. Khususnya pengambangan lini usaha, dan industri. Sehingga menjadi enterpreneur atau pengusaha yang inovatif.

“Banyak potensi yang bisa digarap di daerah kita. Buktinya beberapa rekan-rekan saya mengatakan, potensi Kabupaten Bengkalis begitu besar, dan perlu keseriusan untuk mengembangkannya secara bersama-sama,” harap Bupati Bengkalis Herliyan Saleh, dalam kesempatan temu ramah bersama Pengurus Kadin Kabupaten Bengkalis, di Wisma Sri Mahkota, Kamis (5/1/12) kemarin malam.

Dicontohkan Herliyan, Kecamatan Mandau di tahun mendatang diupyakan untuk dikembangkan sebagai Kota Transit atau mendirikan Sumatera Central Park (SCP. “Disana (Mandau) nantinya, Kadin turut berperan dalam rencana tersebut,” katanya lagi.

Lebih lanjut Herliyan juga mengharapkan, Kadin Kabupaten Bengkalis mampu tampil di sejumlah kegiatan, bersama dengan BUMD menangkap peluang-peluang usaha serta bisa menjalin hubungan kerja dengan negara lain. “Sehingga menyerap beberapa aspek, seperti Sosek Malindo, kuota kerja sama lintas perdagangan sayur dengan negara Singapura,” ujarnya.

Menurut Herliyan, ada pola yang baik dalam misi perdagangan diterapkan dalam misi perdagangan di Kabupaten Bengkalis. Diantaranya, rencana pola 3-2-1, pola 3 berkaitan dengan bibit, pupuk, dan pekerja, pola 2 berkaitan dengan ekspor dan teknologi, pola 1 berkaitan dengan pemasaran (market).

Ketua Kadin Kabupaten Bengkalis Masuri pada kesempatan itu memaparkan, sejumlah kegiatan yang baru diawali sepanjang tahun 2011. Kadin sebagai organisasi mitra pengusaha dan mitra pemerintah, telah berusaha tampil serta menjalin komunikasi pengurus Kadin luar daerah, seperti Kadin Jawa Timur, dan Kadin Kotamadiya Batam.

Silaturrahim juga dihadiri dewan pertimbangan Heru Wahyudi (Ketua) dan Salfian Daliandi (Wakil Ketua). Dikatakan Masuri, Kadin berupaya membuat terobosan-terobosan yang berkaitan dengan pembinaan usaha di segala sektor. Khususnya, menyangkut pengembangan perdagangan dan industri. Menuju kearah itu, memerlukan data di semua lini usaha dan mampu menjalin komunikasi dengan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Sehingga bisa turut memantau sejauh mana repleksi pertumbuhan ekonomi 2011, serta meneropong pertumbuhan ekonomi 2012, dalam semua sektor, khusus perkebunan dan perikanan.

“Kadin berkeinginan benar-benar eksis dan siap bersinergi dengan program-program pemerintah, peran serta Kadin dalam pembangunan khususnya di bidang perdagangan dan industri, kami para pengurus berharap, kedepan untuk pengurusan SITU, SIUP dan perizinan diusulkan wajib menggunakan KTA Kadin,” pinta Masuri di hadapan Bupati Bengkalis H. Herliyan Saleh.

Selain Ketua Kadin Bengkalis dan dewan pertimbangan, juga turut dihadiri Wakil Ketua-Wakil Ketua Kadin yang siap bersinergi dengan program pemerintah daerah. Sementara Pemkab Bengkalis, selain Bupati turut hadir Asisten II Setdakab Bengkalis H. Azwar Ibrahim, Kepala Bappeda Kabupaten Bengkalis Jondi Indra Bustian.***(dik_RT.C)