Bupati Bengkalis Kukuhkan Pengurus IPHI Masa Bhakti 2019-2024

icon   Pada 18 Oktober 2019 Bagikan ke :

BENGKALIS, HUMAS - Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Polri di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis mengikuti wirid pengajian bulanan sekaligus pengukuhan pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Bengkalis Masa Bhakti 2019-2024, Jum'at (18/10/2019) di Masjid Agung Istiqomah Bengkalis.

Wirid pengajian ini merupakan kegiatan bulanan Pemkab Bengkalis melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis, diawali dengan shalat sunat tasbih secara berjamah, diakhiri dengan ceramah dan do'a bersama.

Pengajian wirid bulanan ini menghadirkan Ustadz Asy'ari Nur,SH,MH mantan Kakanwil Kemenag Provinsi Riau dari Kota Pekanbaru.

Bupati Bengkalis yang diwakili Sekretaris Daerah Bengkalis, H. Bustami HY mengucapkan selamat dan tahniah kepada seluruh pengurus IPHI Kabupaten Bengkalis yang baru saja dikukuhkan dan dilantik. Semoga amanah ini akan semakin meningkatkan komitmen para anggota IPHI dalam membangun kemaslahatan umat di Kabupaten Bengkalis ini nantinya.

Kemudian Bustami mengatakan, dalam upaya membangun sumber daya manusia (SDM) dibidang keagamaan, Pemkab Bengkalis berharap adanya upaya pengamalan di bidang keagamaan demi mewujudkan masyarakat yang beriman dan menciptakan kerukunan dan pemahaman keagamaan guna terciptanya keharmonisan dan kedamaian bagi umat.

“Pemkab Bengkalis berkewajiban untuk memberikan bimbingan dan pendidikan keagamaan kepada masyarakat baik secara formal maupun non formal dalam hal mendalami pendidikan agama dan memberikan tuntunan syariat yang sesungguhnya pada pelaksanaan peribadatan dan pengabdian kepada Allah SWT,” tegasnya.

Lebih lanjut, Bustami menambahkan, salah satunya adalah dengan hadirnya IPHI ditengah-tengah masyarakat sebagai sebuah organisasi sosial kemasyarakatan berbasis keagamaan, seyogyanya IPHI sendiri memiliki kedudukan dan peran sangat strategis terutama dalam meningkatkan iman umat islam dan membangun ukhuwah islamiah diantara anggota dan masyarakat luas, juga sebagai wadah bagi masyarakat untuk memberikan saran dan masukan guna penyempurnaan dan pelaksanaan haji setiap tahunnya.

“Semoga IPHI dapat membantu pemerintah dalam tugas-tugas pembinaan, penerangan dan bimbingan haji, serta memberikan informasi kepada jamaah dan calon jamaah haji. Apalagi, IPHI memiliki berbagai program yang mampu mengajak para jamaah haji untuk lebih meningkatkan persatuan, keimanan dan ketaqwaan dalam rangka memantapkan kemabruran haji,” harap Bustami.

Diakhir sambutannya, Bustami menegaskan, kepada pengurus IPHI yang baru dikukuhkan diharapkan agar membuat program kerja yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan karakteristik sosial budaya masyarakat Kabupaten Bengkalis sebagai daerah yang memiliki penduduk heterogen. Selain itu IPHI harus mampu mengakomodir segala aspirasi yang berkembang di masyarakat, sehingga dalam implementasinya dapat terlaksana dengan baik sesuai yang diharapkan. Dengan cara itu, keberadaan IPHI dapat dirasakan manfaatnya dan terus bisa eksis di tengah-tengah masyarakat.

“Kepada pengurus IPHI yang telah dikukuhkan dapat bekerja secara profesional dalam melaksanakan amanat organisasi, menjaga, memelihara, melestarikan serta mengembangkan kemabruran dalam segala aspek kehidupan, termasuk berpartisipasi dalam pembangunan,” tutup Bustami.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala IPHI Provinsi Riau H. Asyarinur, Kapolres Bengkalis AKBP Sigit Adiwuryanto, Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra, Staf ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan H Indra Gunawan, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Haholongan, Ketua MUI Bengkalis Amrizal, Ketua LAMR Bengkalis H. Zainudin Yusuf, Kapolsek Bengkalis AKP Maitertika, Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Ketua beserta jajaran pengurus IPHI Kabupaten Bengkalis serta undangan lainnya.