Bupati Bengkalis Panen Raya Padi di Siak Kecil

icon   Pada 1 Februari 2012 Bagikan ke :
SIAKKECIL- Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh kembali melakukan panen raya padi di Desa Sepotong Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis, Rabu (1/2/12). Sebelumnya, bupati juga melakukan kegiatan yang sama di Desa Api-api Kecamatan Bukit Batu memulai panen, bupati menegaskan agar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait menyiapkan segala perencanaan dan sistem program Agro Politan yang diusulkan.

"Pemkab sangat serius terhadap peningkatan pangan, khusus padi. Karena, kalau tidak kita lakukan upaya dari sekarang, maka akan terjadi krisis pangan. Mewujudkan kawasan Agro Politan, kita telah memanggil SKPD terkait tentang apa yang harus kita lakukan kedepan terhadapan kawasan Agro Politan ini," kata Bupati, Rabu (1/2/12).

Menurut Bupati, mewujudkan suatu kawasan harus terprogram dan terencana. Tidak hanya semata-mata mengusulkan tanpa sistem yang matang. Meskipun perencanaan program ini belum ada. Artinya, pemetaan kawasan harus jelas dan harus dievaluasi kembali. “Kita harus memperhatian azaz dan fungsi suatu program," ingat Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Bengkalis H Amir Faisal mengatakan, Kecamatan Siak Kecil terdiri dari Desa Sepotong memiliki 21 kelompok tani terdiri dari 519 anggota dan mengolah lahan seluas sekitar 594,6 hektar (Ha). Sedangkan, Desa Langkat memiliki 20 kelompok tani terdiri dari 483 anggota dan mengolah lahan seluas 462,1 Ha.

"Produksi pada musim panen 2011 lalu rata-rata mencapai 5,2 ton perHa. Insyaallah dan ubinan yang untuk di panen saat ini hampir mencapai 7,6 ton perhektar," ujarnya.***(dik_RT.C)