Bupati Bengkalis Penan Raya Padi di Bantan Tengah

icon   Pada 10 November 2011 Bagikan ke :
BANTAN – Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh bersama para petani di Kecamatan Bantan melakukan panen raya padi di Dusun Mentayan Desa Bantan Tengah Kecamatan Bantan, Kamis (10/11/11) siang.

Dalam kesempatan ini Herliyan meminta kepada para petani untuk tidak mengalihkan fungsi lahan yang masih produktif menghasilkan padi ke komoditi lain.

“Langkah ini penting, agar ketahanan pangan di Kecamatan Bantan dan Kabupaten Bengkalis pada umumnya tetap terjaga. Karena beras adalah salah satu kebutuhan pokok kita,“ ujar Bupati Bengkalis Herliyan seperti dikutip dari release Humas Pemkab kepada riauterkini.

Diungkapkan Herliyan, dalam perjalan menuju Dusun Mentayan Desa Bantan Tengah ini, dirinya menyaksikan sejumlah lahan sawah yang mulai dialihfungsikan menjadi lahan karet dan sawit.

“Saya sangat menyayangkan tindakan sebagian petani yang mengalihfungsikan lahan persawahan ke komiditi lain. Sebaliknya bagi petani yang tetap konsisten dengan tanaman padi, saya sangat apresiasi. Hendaknya terus dipertahankan,” katanya lagi.

Pada kesempatan ini juga, Herliyan mengatakan bahwa berdasarkan angka tetap (atap) yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) terjadi peningkatan produksi padi yang signifikan pada tahun 2010. Oleh karena itu Pemkab Bengkalis mendapatkan penghargaan dari pusat karena dapat meningkatkan produksi padi di atas 5 persen. “Tetapi kita masih tetap saja mendatangkan beras dari daerah lain,” imbuhnya.

Langkah meningkatkan produksi beras di daerah ini, Pemkab Bengkalis memberikan bantuan berupa benih padi, pupuk, pestisida, perbaikan jalan usaha tani. Kemudian perbaikan jaringan irigasi dan alat mesin pertanian seperti hand traktor, power trhesher, sabit bergerigi dan lain sebagainya.

Herliyan juga berpesan agar petani dapat menjaga dan melakukan olah tanam secara serentak, hal ini penting, guna mengurangi serangan hama sehingga nantinya hasil panen dapat memuaskan. Dengan kepemilikan tanah/lahan yang sempit bagi petani, sudah saatnya menerapkan teknologi dan pemanfaatan bibit unggul, sehingga produksi bisa meningkat.

Turut hadir pada acara panen raya ini, Ibu Bupati Hj Romaini Herliyan, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, Amir Faisal, Camat Bantan, Jamaludin, Ketua KTNA Kabupaten Bengkalis, Arwan Mahidin, Kepala Desa Bantan Tengah, Tamyiz dan sejumlah tokoh masyarakat.***(dik_RT.C)