Bupati Bengkalis Serahkan Hibah Alat Tangkap Nelayan

icon   Pada 19 Oktober 2012 Bagikan ke :
BENGKALIS- Dalam rangka upaya meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan para nelayan di Kabupaten Bengkalis, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bengkalis memberikan bantuan hibah dan sosial berupa alat tangkap nelayan, seperti boat fiber dan sekaligus mesin, jaring ikan, kapal motor (pompong).

Bantuan-bantuan tersebut secara simbolis diserahkan langsung Bupati Bengkalis Herliyan Saleh, kepada sekitar 22 Kelompok Nelayan di Desa Meskom, Kecamatan Bengkalis, Kamis (18/10/12).

Kesempatan ini, Herliyan berharap melalui bantuan hibah dan sosial yang disalurkan ini, pendapatan dari hasil tangkapan ikan dapat meningkat dan menyejahterakan para nelayan.

“Kita berharap dengan adanya bantuan ini dapat dipergunakan semaksimal mungkin untuk meningkatkan pendapatan dan akhirnya mampu menyejahterakan para nelayan. Jika alat tangkap ini sudah usang atau kadaluarsa dalam waktu tempo 2-3 tahun, dapat diusulkan kembali,” ujar Herliyan Saleh seperti dikutip dari release Humas Pemkab Bengkalis.

Terpisah, Kepala BKP Kabupaten Bengkalis, Ahmad Ramli menyatakan, melalui bantuan hibah dan sosial yang diberikan tersebut mampu mengembangkan usaha para nelayan. Dirinya juga meminta bagi kelompok-kelompok nelayan yang memperoleh bantuan dapat merawat alat tangkap itu dengan sebaik mungkin.

“Kita berharap bantuan ini dipergunakan kelompok nelayan dapat mengembangkan usahanya dan dirawat alat itu dengan dengan baik. Kedepan program ini kita inginkan terus berkelanjutan dengan bantuan hibah dan sosial dalam bentuk alat yang lainnya,” katanya.

Ditambahkan Ahmad Ramli, penyaluran bantuan hibah dan sosial ini kepada kelompok nelayan pihaknya berpesan agar alat tangkap digunakan demi kepentingan kelompok dan diberikan kepada yang paling pantas untuk menerimanya. Bagaimanapun, bantuan yang sudah disalurkan tersebut, seperti pemanfaatan dan perawatannya adalah menjadi tanggungjawab penuh masing-masing Kelompok Nelayan.

“Kita berpesan alat bantuan ini dapat digunakan dengan baik. Alat tangkap ini untuk Kelompok Nelayan, jadi diharapkan dikelola (manajemen, red) dengan baik dan diprioritaskan kepada nelayan yang betul-betul yang sangat memerlukan,” himbaunya.***(dik)

Teks Foto : Bupati Bengkalis Herliyan Saleh secara simbolis menyerahkan bantuan hibah dan sosial berupa alat tangkap nelayan, kepada salah seorang perwakilan Kelompok Nelayan di Desa Meskom, Kecamatan Bengkalis, Kamis (18/10/12).