Bupati Berikan Penghargaan Kepada Seniman Bengkalis

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :

21-April-2010

BENGKALIS – Atas jasa dan pengadiannya yang tiada henti-hentinya dalam mengembangkan seni, para seniman asal Kabupaten Bengkalis menerima penghargaan dari Pemkab Bengkalis. Pengrhargaan dimaksud langsung diserahkan Bupati Bengkalis H Syamsurizal, PhD pada Malam Anugerah Setia Bakti Abdi Seni 2010. Acara penganugerahan tersebut ditaja di Gedung Kesenian Cikpuan Bengkalis, Senin malam (19/4) lalu.

Para seniman yang selama ini memang dikenal sangat aktif dalam mengembangkan seni di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan yang menerima penghargaan tersebut adalah Musrial Mustafa, Usman dan Harry Kumbara. Selain penghargaan ketiganya masing-masing memperoleh dana pembinaan.

Menurut Syamsurizal, anugerah yang diberikan kepada ketiganya, merupakan penghargaan atas jasa, kreativitas dan pengabdian mereka dalam mengembangkan seni di daerah ini. Kiprah dan keberhasilan mereka dalam membina dan mengembangkan seni daerah ini tidak hanya di tingkat nasional, tapi juga sudah merambah dan diakui sampai ke tingkat internasional.

Ditambahkannya, meskipun anugerah yang diberikan tersebut tidak sebanding dengan apa yang telah dilakukan selama ini, namun hal ini diharapkan dapat lebih memotivasi ketiganya untuk lebih meningkatkan kuantitas dan kualitas dalam menggali dan mengembangkan seni daerah ini.

“Penghargaan ini juga diharapkan dapat memotivasi para seniman lain di daerah. Saya yakin dan percaya, daerah ini memiliki banyak sekali seni yang dapat digali dan dikembangkan serta dijadikan bahan inspirasi untuk melahirkan karya-karya seni yang berkualitas dan dapat mengharumkan nama Kabupaten Bengkalis Negeri,” kata Syamsurizal.

Syamsurizal berharap, ke depan hendaknya lebih banyak lagi para seniman yang mau berbuat seperti yang dilakukan seperti yang telah diperbuat ketiga seniman tersebut. Serta bersatu bersatu padu untuk membangun dan memajukan seni di Kabupaten Bengkalis.

“Seni adalah sesuatu yang paling murni dalam hati manusia yang memiliki kekuatan. Aabila dikemas dengan baik dapat menumbuhkembangkan energi positif yang dimiliki manusia. Sebagai sebuah potensi, maka eksistensinya bukan saja diperlukan, tetapi juga turut menentukan keberhasilan seluruh aspek pembangunan,” jelasnya.

Pada bagian lain, Syamsurizal juga memuji kiprah yang telah dilakukan Dewan Kesenian Bengkalis (DKB) dalam memajukan seni di daerah ini. “Kita patut berbangga dengan adanya DKB yang mengerti tentang potensi seni itu sendiri serta telah memberikan perhatian yang sangat serius untuk menghidupkan seni di Kabupaten Bengkalis, “ terang Syamsurizal.

Untuk itu, dengan adanya DKB ini, Syamsurizal berharap ke depan seluruh sanggar kesenian yang ada di Kabupaten Bengkalis diharapkan dapat bersatu padu mengemas komoditi seni di daerah ini. “Seni bukan saja dapat mengangkat harkat dan martabat, tetapi juga perekonomian masyarakat daerah ini,” kata Syamsurizal lagi.

sumber bagian humas