Bupati Buka Sosialisasi SPIP Kabupaten Bengkalis

icon   Pada 30 September 2011 Bagikan ke :

08-June-2011

BENGKALIS - Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh membuka sosialisasi Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) 2011. Kegiatan yang ditaja oleh Inspektorat diikuti seluruh camat, pejabat eselon II dan III, Rabu (8/6/11) di Kantor Inspektorat Jalan Antara Bengkalis.

Pada kesempatan ini, Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh mengatakan pemerintah Kabupaten Bengkalis bertekad mewujudkan tata pemerintahan yang baik (good governance) dan pemerintah yang bersih (clean government). Mengingat sosialisasi SPIP ini, memberikan pemahaman tentang cara pengendalian internal pemerintah berdasarkan peraturan pemerintah Nomor 60/2008, yang dituangkan dalam Perbup Nomor 05/2011.

Penyelenggaraan SPIP merupakan kewajiban bagi pemerintah kabupaten/kota, dalam rangka mewujudkan good governance dan clean governance, disamping untuk menumbuhkan pemahaman para pejabat Eselon III dan staf tentang konsep dasar dan pengertian SPIP, unsur-unsurnya, dan seluruh sub-unsur, serta menambahkan komitmen para pimpinan SKPD untuk menyelenggarakan SPIP sesuai ketentuan dan peraturan secara konsekwen dan iktikad baik serta keteladanan.

Penerapan SPIP di lingkungan pemerintah Kabupaten Bengkalis, diharapkan dapat mempercepat terwujudnya keinginan untuk memperoleh opini terbaik atas laporan keuangan yang dikeluarkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Pada kesempatan ini, saya menghimbau agar para pimpinan SKPD proaktif menyelesaikan tindak lanjut atas temuan hasil pemeriksaan aparat pengawasan fungsional bersama pihak-pihak terkait untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” pinta Herliyan dalam sambutannya di hadapan hadirin.

Bupati juga meminta kepada jajarannya untuk tidak bersikap apatis atas hasil pemeriksaan. Dan segera fungsikan dan bentuk tim tindak lanjut atas hasil pemeriksaan di setiap SKPD. Kemudian membentuk satuan tugas pelaksanaan SPIP pada masing-masing SKPD sesuai Perbup Nomor 05/2011 tersebut.

“Dan selalu berkoordinasi dengan Inspektorat Kabupaten Bengkalis dalam rangka untuk mengetahui status penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan,” imbuhnya.

Turut hadir dalam acara ini, Wakil Bupati Bengkalis, Suayatno, Sekda Bengkalis Asmaran Hasan, Inspektur Muklis dan sejumlah pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Bengkalis.***(rls/dik_RT.C)