Bupati dan Istri Gunakan Hak Pilih di TPS 06 Senggoro

icon   Pada 25 September 2011 Bagikan ke :
09-April-2009

BENGKALIS – Dalam rangka menyalurkan hak politiknya pada Pemilihan Umum Legislatif 2009, Bupati Bengkalis H Syamsurizal dan istri Ny Hj Fauziah Siregar juga mencontreng. Bupati dan isteri yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada nomor urut 291 dan 292, mencontreng di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 06 Desa Senggoro, Kecamatan Bengkalis.

Sebagaimana pemilih lainnya, bupati dan istri yang tiba TPS sekitar pukul 09.05 Wib langsung mendaftar. Setelah menunggu antrian sekitar sepuluh menit, keduanya dipanggil panitia dan langsung memberikan suara di bilik suara. Usai memberikan suara dan menyalami petugas, Syamsurizal dan isteri langsung beranjak pergi meninggalkan TPS 06.

Sementara itu, Wakil Bupati H Normansyah Abdul Wahab dan Sekretaris Daerah H Sulaiman Zakaria, masing-masing menyalurkan aspirasi politiknya di TPS 05 dan 01 Kelurahan Kota Bengkalis. Sedangkan Ketua DPRD H Riza Pahlefi di TPS 10 Desa Kelapapati

Usai mencontreng Selanjutnya, dengan didampingi Kapolres AKBP Marudut Hutabarat, Kabag Ops Polres Nur Arsyrad Siregar, Sekretaris Daerah H Sulaiman Zakaria dan Camat Bengkalis Ja’afar Arif, bupati meninjau pelaksanaan Pemilu Legislatif di sejumlah TPS di di Kota Bengkalis.

TPS yang dikunjungi bupati antara lain TPS IV, V, VI Desa Air Putih bertempat di SD Negeri 029 Bengkalis. Selanjutnya, rombongan menuju TPS I, II dan III Desa Air Putih yang bertempat di Madrasyah Tarbiyah Islamiyah Air Putih.

Dari Air Putih, bupati, bupati dan rombongan menuju Kelurahan Rimba Sekampung dan meninjau pelaksanaan Pemilu Legislatif di TPS 02 yang berlokasi di halaman kantor Lurah Rimba Sekampung. Kemudian, ke TPS 07 Kelurahan Kota Bengkalis dan TPS 02 Kelurahan Damun. Setelah itu, ke TPS 10, 11 dan 01 Desa Kelapapati serta TPS 03 Desa Wonosari. Seluruh TPS yang dikunjungi bupati dan rombongan, pelaksanaan Pemilu Legislatif berjalan aman dan damai.

Sebelum kembali ke kediaman untuk menyaksikan liputan pelaksanaan Pemilu Legislatif di televisi, sekitar pukul 11.45 Wib bupati dan rombongan meninjau TPS 08 Senggoro di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bengkalis.

Dari sejumlah TPS yang dikunjungi bupati dan rombongan, antusias masyarakat untuk memberikan hak pilihnya sangat tinggi. Berdasarkan keterangan petugas di masing-masing TPS, saat kunjungan tersebut rata-rata pemilih yang terdaftar dalam DPT sekitar 60 persen sudah menggunakan hak pilihnya.

Sementara itu, ketika diminta komentarnya, bupati mengimbau seluruh warganya untuk menghormati, apapun yang menjadi keputusan masyarakat pada Pemilu Legislatif ini. “Seluruh masyarakat Bengkalis harus ambil bagian secara aktif untuk mengawal agar seluruh tahapan Pemilu Legislatif ini berlangsung aman dan damai,” pesannya.

Kemudian, kata Syamsurizal, apapun bentuknya, terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, masyarakat Bengkalis jangan sampai terpancing isu-isu atau ajakan yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan terkait dengan hasil Pemilu Legislatif ini.

Pada bagian lain, Syamsurizal berharap kepada seluruh pihak terkait dalam mendata dan menyusun DPT untuk benar-benar bekerja secara profesional. Sehingga pada pesta demokrasi pada masa yang akan datang, tidak ada lagi warga masyarakat yang mempunyai hak pilih yang tidak terdaftar dalam DPT. Harapan ini disampaikannya, karena dalam kenyataannya banyak warga masyarakat Bengkalis yang tidak dapat mencontreng lantaran nama mereka tidak termasuk dalam DPT.

Sebagai contoh putra bupati sendiri, Muhammad Batas Setiawan. Betapa tidak, meskipun telah berusia 18 tahun dan ikut pada Pemilu Gubernur dan Wakil Riau tahun 2008 lalu, putra ketiga Syamsurizal ini tidak dapat ikut mencontreng lantaran namanya tidak ada dalam DPT.

(Sumber : Humas Kabupaten Bengkalis)