Bupati Kasmarni Hadiri Pengukuhan HP2M Kecamatan Mandau Periode 2021-2026

icon   Pada 26 Juli 2022 Bagikan ke :

MANDAU - Usai melaksanakan penyerahan Bantuan Sosial di Kantor Camat Mandau, Bupati Bengkalis Kasmarni hadiri Pengukuhan Himpunan Puan-Puan Melayu (HP2M) Kecamatan Mandau Masa Bhakti 2021-2026, Selasa (26/7/2022) di Gedung Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Mandau, Kelurahan Batang Serosa, Duri.

Pengukuhan yang diawali dengan pengukuhan oleh Ketua LAMR Kecamatan Mandau H Revol Raisa dan penyerahan tepak Pusaka HP2M dari Bupati Bengkalis Kasmarni kepada Ketua HP2M periode 2021-2026 Hj Martati,  

Dalam sambutannya Bupati Bengkalis Kasmarni menyampaikan ucapan selamat dan tahniah kepada pengurus HP2M Kecamatan Mandau, masa bhakti 2021-2026 yang baru saja dikukuhkan, mudah mudahan puan-puan dapat menjalakan amanah dengan penuh rasa tanggung jawab.

Lakukanlah sebarang kerja dengan musyawarah, supaya yang kurang boleh ditambah, mana yang cacat boleh dirubah dan jalankan tanggung jawab secara bersama-sama, seiya sekata. “berat sama dipikul, ringan sama dijinjing". Ujar Kasmarni.

"Kepada HP2M dapat semakin memperkokoh rasa persaudaraan puan-puan masyarakat adat yang menjadi penyokong utama adat istiadat dan budaya melayu di Kecamatan Mandau ini. Sehingga memiliki kemampuan untuk menyatukan serta mendorong puan-puan dinegeri melayu ini, untuk berjalan seiring langkah, tegak sama tinggi duduk sama rendah, dalam mempercepat keberhasilan pembangunan guna mewujudkan Kabupaten Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera,"harap Kasmarni. 

Lebih lanjut Bupati perempuan pertama di Kabupaten Bengkalis ini menginginkan agar keberadaan HP2M Kecamatan Mandau, sebagai wadah berkumpulnya puan-puan beresam melayu, bisa turut mewarnai pembangunan daerah ke depan, dengan terus bergandengan tangan, bersama-sama menatap masa depan daerah untuk lebih baik, maju dan berkembang. 

"Pengurus dan anggota HP2M harus terus maju dan mampu, menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri, dan meningkatkan kualitas dan kapabilitas dirinya. dengan tetap tidak pernah melupakan kodratnya sebagai wanita dalam mengurusi keluarga dan rumah tangga", pinta Bukkas.

Diakhir sambutannya Bupati yang juga bergelar Kanjeng Mas Tumenggung Kasmarni Purbaningtyas berpesan kepada HP2M kedepan dapat semakin berkontribusi positif sebagai mitra Pemerintah Daerah dalam mengatasi berbagai permasalahan sosial pembangunan, terutama permasalahan-permasalahan perempuan di daerah, karena munculnya kompleksitas permasalahan dimaksud, merupakan jejaring antar berbagai elemen di dalam masyarakat, yang penanganannya perlu dilakukan secara holistik integratif seluruh elemen masyarakat, tidak terkecuali puan-puan melayu. 

"Mari tanamkan sejak dini pengetahuan puan-puan melayu sebagai generasi penerus yang berjati diri kemelayuan dan bermanfaat dalam mengangkat tuah, marwah, harkat dan martabat melayu dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Serta dapat mempertahankan adat, adab dan resam melayu, dengan memperkuat silaturrahmi serta melestarikan budaya melayu di era globalisasi saat ini", pungkasnya.

Tampak hadir Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Toharudin, Kadis Sosial Kabupaten Bengkalis Hj Martini, Kadis Pendidikan Kabupaten Bengkalis Hj Khodijah, Kadis Kominfo Hendrik Dwi Yatmoko, Camat Mandau Riki Rihardi, Camat Bathin Solapan Muhammad Rusydy, Plt Camat Pinggir Zama Rico, KUA Kecamatan Mandau Sa'im. #PROKOPIM