Bupati Kasmarni Ingatkan Masyarakat Pentingnya Deteksi Dini Kanker

icon   Pada 30 Oktober 2023 Bagikan ke :

MANDAU - Bupati Kasmarni mengingatkan masyarakat akan pentingnya upaya deteksi dini kanker agar tidak menjadi kanker ganas. 

Kasmarni menyampaikan itu saat membuka Penyuluhan Kanker dan Pemeriksaan Pap Smear Gratis sempena Hari Sumpah Pemuda dan Launching Pengembangan Pelayanan Kesehatan di RSUD Kecamatan Mandau, Sabtu, 28 Oktober 2023.

"Deteksi dini sangatlah penting sehingga dapat dilakukan penanganan sebelum menjadi kanker ganas. Minimnya kesadaran melakukan deteksi dini adalah mimpi buruk penanganan kanker," ungkap Bupati Kasmarni.

Saat ini, kata Kasmarni, kanker merupakan penyebab kematian nomor dua di dunia. Namun penderita kanker tidak perlu pesimis, karena setidaknya ada sepertiga dari penderita kanker dapat sembuh dan dicegah. Pencegahan harus diakukan secara masiv, terukur dan terarah.

Pesan Bupati Kasmarni kepada pusat-pusat pelayanan kesehatan yang ada di daerah ini, agar memperkuat komitmen dalam menekan kesenjangan perawatan terhadap penderita kanker.

 "Salah satu langkah mudah dalam memerangi kanker adalah dengan meningkatkan informasi dan pengetahuan tentang kanker kepada masyarakat. Saya optimis, apabila kesadaran masyarakat meningkat, maka kita dapat mencegah jutaan kematian akibat kanker," paparnya.

Di sisi lain, Bupati Kasmarni mengapresiasi inovasi yang dilakukan RSUD Mandau untuk memberi pelayanan kepada masyarakat. Seperti aplikasi Sistem Pendaftaran Online (Sepontan) dan aplikasi Sistem Elektronik Farmasi (Serasi) serta pelayanan phacoemulsification, yakni teknik operasi katarak yang proses operasinya sangat cepat. Hanya 15 menit, tidak menggunakan jahitan dan pasien bisa langsung pulang tanpa dirawat inap, pemulihan dan perawatan pasca operasinya lebih mudah dan cepat.#DISKOMINFOTIK