Bupati Kasmarni Ingatkan, Penyusunan Program Penyuluhan Pertanian Harus Berdampak Langsung Kesejahteraan Petani

icon   Pada 7 November 2023 Bagikan ke :

BENGKALIS - Bupati Bengkalis Kasmarni Ingatkan acara penyusunan program penyuluhan pertanian harus berdampak langsung kepada Kesejahteraan masyarakat petani, yang ditajakan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Bengkalis.

Demikian hal itu disampaikan saat membuka acara penyusunan program penyuluhan pertanian tingkat Kabupaten Bengkalis, Senin 6 November 2023, di aula Marina Hotel.

Dalam sambutan Bupati tertulis yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan Sumber Daya Manusia Johansyah Syafri mengatakan, programa penyuluhan pertanian merupakan rencana tertulis yang disusun secara sistematis untuk memberikan arah dan pedoman serta sebagai alat pengendali pencapaian tujuan penyuluhan.

Programa penyuluhan pertanian disusun setiap tahun, yang memuat rencana kerja penyuluhan tahun berikutnya dengan memperhatikan siklus anggaran masing-masing tingkatan yang mencakup pengorganisasian dan pengelolaan sumberdaya sebagai bahan pelaksanaan penyuluhan.

"Kami melihat bahwa kegiatan penyusunan programa penyuluhan pertanian ini merupakan wujud dukungan dan upaya nyata dalam mendukung visi Kabupaten Bengkalis yakni “terwujudnya Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera” implementasi dari misi “mewujudkan pengelolaan potensi keuangan daerah, sumber daya alam dan sumber daya manusia yang efektif dalam memajukan perekonomian,"tambah Johan.

Lanjut mantan Kadis Kominfotik, hal ini dimaksudkan untuk memadukan kebijakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam mendukung program nasional, peningkatan produksi beras, kedelai, jagung, daging, sapi, cabe dan program Provinsi Riau, dan keinginan pelaku utama beserta keluarganya, sehingga upaya pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan di Kabupaten Bengkalis dapat mencapai sasaran.

"Kami berharap, apa yang dihasilkan dari pelatihan dan penyusunan programa penyuluhan  pertanian ini nantinya, dapat  memberikan arah yang tepat dan jelas bagi penyuluh dan petani kita, agar pelaksanaan penyuluhan pertanian lebih berdaya guna dan dapat menghasilkan kegiatan penyuluhan dengan konten yang spesifik lokalitas dan strategis, serta mempunyai daya ungkit yang tinggi terhadap peningkatan produktivitas komoditas unggulan daerah sekaligus akan mengarah kepada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani,"pungkasnya.

Kepada kesempatan itu juga, Staf Ahli Bupati Johansyah Syafri menyerahkan penghargaan kepada orang penyuluhan pertanian Kabupaten Bengkalis.

Terlihat hadir Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Bengkalis Tarmizi,  Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bengkalis Susi Hartati, sejumlah perwakilan Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Kemudian dua narasumber Mas Enitha,   Penyuluh Pertanian Ahli Madya dan Mayusrasri Penyuluh Ahli Muda upt pelatihan dan Penyuluhan Pertanian Provinsi Riau.#DISKOMINFOTIK.