Bupati minta Kepala SKPD Aktif Dalam Musrenbang Propinsi

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :
11-April-2011

Bengkalis - Bupati Bengkalis, Ir. H Herliyan Saleh, M.Sc minta kepala seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk pro aktif dalam mengikuti pembahasan dalam Musyawarah Pembangunan Daerah dengan menyiapkan berbagai usulan dilengkapi dengan penguasaannya dalam pembahasan.

“Musrenbang Propinsi Riau Tahun 2011 merupakan forum musyawarah pemangku kepentingan pembangunan (stakehorders) Propinsi Riau untuk mematangkan rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2012 yang melibatkan Pemerintah Kabupaten dan Kota di Propinsi Riau. Untuk itu, Kepala SKPD harus mampu memanfaatkan forum ini dengan sebaik-baiknya”, demikian jelas Bupati Bengkalis, Ir. H Herliyan Saleh, M.Sc melalui Kepala Bagian Humas, Agusrizal, MHum, Senin (11/4).

Lebih jauh dikatakannya, dari Kabupaten Bengkalis melalui Badan Perencanaan telah disusun sejumlah usulan yang disiapkan masing-masing SKPD.

“Usulan Prioritas Tahun 2012 Kabupaten Bengkalis diajukan untuk dituangkan dalam sharing program Kepala Propinsi Riau antara lain, Peningkatan mutu intensifikasi tanaman pangan, pengembangan desa mandiri pangan, usaha ekonomi desa, peningkatan jalan poros tanjung kapal-pangkalan nyirih, dan beberapa program lain”, jelas Agus.

Pemkab Bengkalis, menurut Agus, juga telah menyusun sejumlah usulan terhadap APBD Propinsi Riau, baik yang berkaitan dengan kepariwisataan, kesehatan, rumah layak huni, perkebunan, dermaga dan peningkatan ruas beberapa jalan.

“Intinya Pak Bupati minta kepala SKPD untuk ‘merebut’ sebanyak-banyaknya dana Propinsi dan dana pusat untuk masuk dalam pembangunan Kabupaten Bengkalis, dan ini salah satu penilaian tersendiri terhadap kinerja kepala SKPD sebagaimana sering disampaikan oleh Bapak Bupati diberbagai kesempatan. Ini artinya kepala SKPD diminta untuk tidak hanya puas dengan dana yang berasal dari APBD Bengkalis saya”, jelas Agus.

Sementara itu, untuk sejumlah usulan yang telah disiapkan dan akan diperjuangkan dari dana APBN seperti persoalan instalasi pengolahan air minum, penyehatan lingkungan, peningkatan jalan poros Kabupaten, penataan bangunan dan lingkungan pelabuhan.

“Termasuk juga peningkatan sarana olahraga untuk PON, rehabilitasi drainase lahan perkebunan, pelaksanaan tata batas kasan hutan, pembinaan kelompok pelaku usaha dan masyarakat pesisir, serta pengadaan alat kesehatan”, jelas Agus.

SKPD yang mengikuti Musrenbang Propinsi ini antara lain, Bappeda, Badan Ketahanan Pangan, BPMPD, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pariwisata, Distamben, Dinas Bina Marga, Dinas Cipta Karya, Dinas Pasar dan Kebersihan, Dinas Perhubungan, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Dinas Pertanian, Dinas Pendidikan, RSUD Bengkalis, Dispenda, dan Bagian Tata Pemerintahan.

“dalam Musrenbang ini, Bapak Bupati Bengkalis bersama seluruh kepala daerah kabupaten dan kota menandatangani berita acara kesepakatan Sharing Program dan Sharing budget bersama Pemerintah Propinsi yang ditandatangani langsung oleh Bapak Gubernur Riau, H Rusli Zainal yang disaksikan oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Riau (Forum Koorpimda)”, jelas Agus.

Musrenbang Propinsi Riau ini akan berlangsung dari tanggal 11 hingga 13 April 2011 bertempat di Gedung Gubernuran dan di Kantor Bappeda Propinsi Riau. Turun hadir dan memaparkan materi sejumlah Menteri, diantara Menteri Dalam Negeri yang diwakili Staf Ahli Menteri Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan, Dr. Kusnan A Halim, SH, Kepala Bappenas yang diwakili oleh Armida S Alisyahbana, Menteri Pemuda Olahraga diwakili Prof. Joko Pekik.

sumber bagian humas