Bupati:Tingkatkan SDM dan Pelayanan Prima

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :
18-March-2011

BENGKALIS - Pemkab Bengkalis melalui Badan Perencanaan dan Pemabangunan Daerah (BAPPEDA) melaksanakan kegiatan Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Kamis (17/3) kemarin di ruang rapat Lantai IV Kantor Bupati Bengkalis. Bupati mengingatkan agar SKPD melaksanakan program yang tepat sasaran.

'Kita ingin apa yang akan dilakukan dalam perencanaan itu, dan sekecil apapun itu, kedepan dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kita perlu komitmen kuat dan meningkatkan kemampuan SDM serta pelayanan prima,' ujar Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh saat membuka kegiatan.

SKPD diingatkan untuk meninggalkan proyek atau program yang tidak ada kepentingannya bagi masyarakat. Setiap program yang direncanakan harus mengakomodir kepentingan semua pihak. Lewat Forum SKPD, bupati mengharapkan, SKPD mampu membuat perencanaan yang strategis sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Bengkalis. Juga mampu menyamakan persepsi dalam program kebijakan startegis Pemerintah Kabupaten yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2010-2015.

Bupati juga mengingatkan, setiap jajarannya konsisten dalam merealisasikan anggaran yang telah direncanakan di APBD sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Setiap rencana anggaran yang akan dibuat juga berpatokan pada penggunaan yang efektif, efisien dan bermanfaat bagi kepentingan masyarakat serta kepedulian yang tinggi. Tidak hanya itu, bupati juga meminta kepada seluruh jajarannya, melaksanakan kegiatan sesuai dengan aturan dan undang-undang yang berlaku, sehingga tidak perlu takut dengan hukum.

Forum SKPD dilaksanakan selama dua hari, dengan melibatkan seluruh kepala SKPD, pejebat eselon III dan IV serta Camat se-Kabupaten Bengkalis.

Panitia penyelenggara, Amir Faisal mengatakan, Forum SKPD merupakan salah satu dari rangkaian proses perencanaan pembangunan daerah yang menjadi wadah bagi seluruh SKPD. Dalam pertemuan tersebut dilaksanakan musyawarah dengan semangat partisipatif, dalam upaya menyelaraskan rencana kerja setiap SKPD tahun 2012.

'Sekaligus sebagai wujud kepatuhan hukum dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bertanggung jawab,' ujar Amir yang juga Sekretaris BAPPEDA Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, Amir mengatakan, bahwa aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam penyusunan rencana pembangunan meliputi aspek politis, teknokratis, partisipatif dan penyelarasan antara top down dan bottom up.

Amir mengatakan tujuan dari penyelenggaraan Forum SKPD antara lain, penyempurnaan rencana awal RKPD 2012 dengan mengacu naskah RPJMD 2010-2015 yang mulai diimplementasikan tahun 2011. Kemudian, singkronisasi program, kegiatan pokok, lokasi kegiatan dan pagu anggaran yang disusun oleh SKPD yang bersifat penting dan mendesak untuk dilaksanakan, mempunyai dampak nyata, terukur dan langsung dirasakan oleh masyarakat.

Tujuan lainnya, sambung Amir, memperkuat koordinasi dan sinergi kebijakan Pemerintah Daerah dalam menyusun program dan kegiatan lingkup SKPD sehingga diperoleh rumusan dan rancangan program/kegiatan yang nantinya akan dibahas pada Forum Musrenbang kabupaten, sebagai bahan penyusunan rancangan rencana kerja Pemerintah Daerah tahun 2012.

'Kemudian, mengembangkan dan memperkuat mekanisme pengendalian dan pengawasan (safe guarding�) terhadap pelaksanaan RKPD 2012,' tutur Amir. (Zul)