Cegah Masuknya Narkoba, Pemkab Benahi Fasilitas Pelabuhan Selatbaru

icon   Pada 18 Desember 2011 Bagikan ke :
BENGKALIS- Pemerintah Kabupaten Bengkalis secara bertahap akan membenahi fasilitas pelabuhan internasional Selatbaru sesuai standar guna mencegah masuknya narkoba. Di samping meningkatkan pelayanan kepada pengunjung yang datag ke Negeri Junjungan.

"Kita telah melakukan pertemuan dengan muspida terkait fasilitas di pelabuhan internasional Selatbaru. Saat ini satu buah metal detector pun belum ada di pelabuhan tersebut, ini secara bertahap akan kita lengkapi termasuk sarana x-ray," ujar Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh.

Diungkapkan Bupati, fasilitas x-ray sangat penting guna mendeteksi barang-barang terlarang masuk ke Bengkalis. Seperti narkoba yang beberapa kali sempat tertangkap oleh petugas Bea Cukai, membuktikan bahwa Bengkalis menjadi pintu masuk peredaran barang tersebut.

"Sejalan dengan program Pemkab menjadikan Pulau Bengkalis sebagai kota pendidikan, narkoba harus nol. Salah satu upaya yang perlu menjadi perhatian adalah memperketat pengawasan di pelabuhan Selatbaru sebagai pintu masuk dengan melengkapi fasilitas sesuai standar,"jelasnya.

Untuk mencegah narkoba, diakui Bupati, perlu upaya intensif semua pihak. Pemkab sendiri secara internal akan melakukan tes urine secara reguler terhadap pegawai negeri sipil. Tes ini nantinya akan dilakukan secara mendadak, tanpa diketahui pegawai.

Terkait upaya melengkapi fasilitas di pelabuhan Selatbaru, terutama x-ray, Sekretaris Daerah H Asmaran Hasan menambahkan, pihaknya akan membicarakan terkait penganggarannya apakah nanti dianggarkan Dinas Perhubungan atau di Bagian Perlengkapan.(Zul_HR.C)