Dampak Membaiknya Infrastrktur, Kunjungan ke Pulau Rupat Meningkat

icon   Pada 16 Januari 2012 Bagikan ke :
BATUPANJANG - Kunjungan masyarakat ke Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis akhir akhir ini meningkat. Indikator peningkatan ini dapat dilihat dari membludaknya jumlah penumpang yang memanfaatkan jasa angkutan RoRo yang menuju pulau tersebvt setiap harinya.

"Dari informasi yang disampaikan petugas RoRo di pelabuhan Dumai, maupun yang ada di Tanjung Kapal (Pulau Rupat-red) dalam setiap keberangkatan RoRo menuju Pulau Rupat selalu dipadati penumpang,’’ ujar Kepala Desa Darul Aman, Amrizal, kepada Dumai Pos, Senin (16/1/12). Dikatakan, bisa dipastikan mereka yang berkunjung ke pulau yang terkenal dengan pantai pasirnya yang putih melepak ini sebagian besar dilakukan masyarakat dari luar Rupat.

Hal ini apat dilihat dari kendaraan yang dipergunakan oleh pengunjung pulau itu rata-rata menggunakan kendaraan roda empat. Setiap hari jumlahnya mencapai puluhan mobil. Kades Darul Aman itu menilai, tingginya animo orang luar berkunjung ke Pulau Rupat dalam sebulan terakhir ini sebagai dampak karena semakin membaiknya infrastruktur jalan di pulau tersebut. Seperti misalnya Jalan Poros yang menghubungkan dermaga RoRo di Tanjung Kapal menuju ke Rupat Utara hampir 95 persen terdiri dari jalan beton.

Jalan yang kondisinya juga sudah baik yakni jalan yang menghubungkan Kelurahan Tanjung Kapal menuju Desa Darul Aman, Kecamatan Rupat. Meskipun belum seluruhnya jalan tersebut diaspal, namun menurut Amrizal, untuk yang belum diaspal tersebut jumlahnyapun kecil sekali, yakni hanya sekitar 200 meter saja dan itupun sejak sebulan lalu sudah ditimbun dengan menggunakan sirtu, sehingga walaupun pada musim hujan jalan tersebut tetap bisa dilewati.

Kades termuda di Rupat itu, mengatakan, kepada Pemprov Riau untuk bisa menambah satu unit lagi armada RoRo di Rupat. Dan kalau seandainya hal itu belum bisa dilakukan oleh Pemprov Riau, maka alternatif lainya pemprov melalalui instansi terkait harus menambah trip keberangkatan.(aru_DP)