Data Kependudukan Harus Valid, Bupati Buka Raker Kades se- Kabupaten Bengkalis

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :

03-May-2011

BENGKALIS - Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh, Senin malam (2/5/11) kemarin membuka Rapat Kerja Kepala Desa dan Lurah se Kabupaten Bengkalis. Salam satu pesan penting dalam acara yang digelar di lantai 4 kantor Bupati tersebut, Herliyan meminta seluruh Kades dan Lurah agar memvalidasi data kependudukan.

Seluruh desa kata Bupati harus memiliki dan menyiapkan data kependudukan yang lengkap. Dengan data-data yang lengkap itu, maka akan dapat dilakukan berbagai program yang strategis sehingga bersinergi dengan program yang disusun oleh pemerintah.

"Saya minta agar setiap kepala desa dan lurah, serta camat, untuk dapat mendata KK-KK yang tidak punya mata pencaharian. Dan data ini harus dilaporkan dan diupdating setiap waktu," pinta Herliyan.

Selain meminta agar setiap desa dan kelurahan memiliki dan menyiapkan data kependudukan dan data warga miskin, Bupati juga meminta para kepala desa dan Lurah untuk mendata anak usia sekolah. Dengan data tersebut akan diketahui berapa saja anak tidak sekolah serta alasan-alasan mereka tidak melanjutkan pendidikan, dan akan diketahui berapa kebutuhan sekolah yang diperlukan.

“Perencanaan program pembangunan itu diawali oleh data yang akurat. Kalau data tak ada atau seadanya saja, maka sebaik apapun program yang dijalankan kecil kemungkinan akan tepat sasara.

Herliyan juga meminta agar para Kepala Desa dan Lurah menyempurnakan profil desa. Tujuannya untuk memudahkan ketika dilakukannya berbagai kebijakan dan program yang nantinya akan dibuat. Sehingga setiap program yang bakal dilakukan itu, benar tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat.

Sebelumnya, Kepala BPMPD, H Jonisyafrizal mengatakan, Raker yang dihadiri para pemerintahan kecamatan, desa dan kelurahan se Kabupaten Bengkalis yang berlangsung hingga 4 Mei mendatang ini, adalah dalam rangka memberikan pembekalan, penyegaran dan sinkronisasi berbagai kegiatan yang bakal dilaksanakan tahun 2011 ini, mulai dari pemerintahan di tingkat kecamatan hingga ke desa-desa dan kelurahan.

Acara yang turut dihadiri oleh anggota BPD tersebut, menghadirkan sejumlah narasumber dari kalangan akademisi beberapa perguruan tinggi di Riau serta dari sejumlah SKPD di lingkungan Pemkab Bengkalis. (rilis/Adi)