Detik Proklamasi Berlangsung Khidmat

icon   Pada 17 Agustus 2011 Bagikan ke :
PERINGATAN Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 1945 di lapangan Tugu Bengkalis, Rabu (17/8) berlangsung lancar dan khidmat. Betindak sebagai inspektur upacara, Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh, pembaca teks Proklamasi, ketua DPRD Indra Gunawan dan Komandan Upacara, AKP Hari Yoyono Kasat Sabhara Polres Bengkalis.

Pantauan di Lapangan Tugu Rabu kemarin, ribuan peserta upacara terdiri dari barisan pelajar (SLTP dan SLTA), Pegawai di lingkup Pemkab Bengkalis, Polisi, TNI, Satpol PP, Regu Pemadam dan Pemuda Pancasila, mengambil tempat di depan panggung utama. Sedangkan undangan lainnya, veteran, tokoh masyarakat, kelompok organisasi dan para orang tua yang anaknya ikut dalam Paskibra, mengambil tempat di kanan kiri panggung yang telah disiapkan panitia. Sebagian veteran ada juga yang berada di atas panggung utama.

Sekitar pukul 09.45 WIB, Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh didampingi Wabup, Suayatno bersama ketua DPRD Indra Gunawan, Kapolres AKBP Achmad Kartiko serta sejumlah unsur Muspida lainnya keluar dari Gedung Daerah menuju lapangan Tugu tempat upacara berlangsung.

Setelah mengambil tempat, perwira upacara AKP Rusli Bangun menyampaikan laporan upacara segera dimulai. Usai sirine detik-detik proklamasi berbunyi, ketua DPRD Indra Gunawan lalu membacakan teks Proklamasi. Acara dilanjutkan dengan pengibaran bendera oleh 75 anggota Paskibra, utusan SLTA dari 8 Kecamatan se Kabupaten Bengkalis. Bertindak sebagai pembawa baki bendera Aziva Angreni dari SMA Cendana Mandau. Bertugas sebagai pengibar bendera Abdul Gafur dari SMAs Kurnia Jaya Rupat.

Penggerek bendera merah putih, Muhammad Sunardi dari SMA 1 Bengkalis. Pegulur bendera Merah Putih Rudi Zulafidh dari SMA 2 Bantan. Pengantar bendera Merah Putih, Vivi Ismail dari SMA 1 Bukit Batu, pengantar bendera Merah Putih, Lasmi dari SMA 4 Mandau. Pengantar bendera Merah Putih lainnya, Septami Ilya Mastura, sedangkan Danki Paskibraka, Pelda Sriyono dari Koramil 0303 Bengkalis. Kekhidmatan upacara terutama saat pengibaran bendera merah putih sedikit terganggu, disebabkan banyaknya masyarakat yang ikut mengambil poto anak atau saudara mereka yang bertugas sebagai anggota Paskibra. Selain orang tua, beberapa anak kecil juga maju agak ke tengah lapangan (samping panggung), karena ingin menjepret baik dengan kamera poket maupun hape.

‘’ Biasaya di samping kiri kanan panggung ini ada petugas yang menjaga, sehingga warga atau siapa saja tidak bisa begitu leluasa maju ke depan untuk mengambil poto. Tapi kali ini tidak ada yang jaga,’’ ujar Zul warga Bengkalis yang ikut menyaksikan upacara peringatan detik Proklamasi di lapangan Tugu kemarin.

Ada kesan lain yang terlihat saat peringatan hari kemerdekaan di lapangan Tugu kemarin. Jika saban tahun group Marching Band Andam Dewi (MBAD) yang bertindak sebagai Korp Musik (Korsik), namun saat upacara kemarin diganti oleh Korsik dari Satpol PP Provinsi Riau.

Karena bertepatan bulan puasa dan Cuaca juga cukup panas, membuat tidak banyak warga yang ikut menyaksikan pringatan hari Kemerdekaan di lapangan Tugu kemarin. Selain itu, panitia juga tidak mendirikan tenda untuk masyarakat seperti tahun-tahun sebelumnya. Sebagian warga yang datang, duduk di pinggir lapangan Tugu Bengkalis. namun secara umum, peringatan detik proklamasi berangsung sukses dan khidmat.(gen_DP.C)