Di Bengkalis, 25 Ribu Rumah Berlabel RTM

icon   Pada 30 September 2011 Bagikan ke :

09-June-2011

BENGKALIS - Sekitar 25 ribu label rumah tangga miskin (RTM) yang dicetak Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMD) Kabupaten Bengkalis sudah terpasang. Sisanya hanya beberapa desa yang belum karena data tidak valid dan perlu dilakukan pendataan ulang aparat desa setempat.

"Informasi terakhir, hampir semuanya sudah terpasang tinggal beberapa desa yang belum," ujar Kepala BPMD Kabupaten Bengkalis, H Jonisyafrizal, Kamis (9/6/11).

Pemasangan label itu bertujuan untuk transparansi data kemiskinan di Kabupaten Bengkalis. Sebab, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, banyak bantuan pemerintah yang tidak tepat sasaran.

"Pengalaman sebelumnya, setiap program bantuan untuk masyarakat miskin selalu dibagi rata oleh desa. Artinya, mereka yang tidak miskin juga ikut menerima sehingga program tersebut tidak tepat sasaran dan tempat jumlahnya sesuai yang diperuntukkan. Inilah yang coba kita perbaiki mulai tahun ini," katanya.

Berdasarkan data Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), jumlah rumah tangga miskin di Kabupaten Bengkalis tahun 2011 sebanyak 22.399 KK miskin. Penetapan rumah tangga miskin ini berdasarkan delapan kriteria, seperti luas lantai bangunan tempat tinggal, jenis lantai bangunan tempat tinggal, jenis dinding bangunan tempat tinggal dan beberapa keriteria lainnya. (Zul_HR.C)