Di Bengkalis Walikota Pematang Siantar Ziarah Makam Raja Sang Naualuh Damanik

icon   Pada 19 April 2022 Bagikan ke :

BENGKALIS - Bupati Bengkalis diwakili Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso menghadiri Ziarah Makam Raja Sang Naualuh Damanik bersama Walikota Pematang Siantar Susanti Dewayani dan rombongan, Selasa (19/04/2022) di Desa Senggoro Kecamatan Bengkalis.

Ziarah tersebut salah satu agenda memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Pematang Siantar yang ke 151 Tahun 2022.

Pada ziarah tersebut terlihat Wali kota Pematang Siantar Susanti melaksanakan ritual tabur bunga dan baca doa bersama di makam Sang Naualuh Damanik. 

Pada kesempatan itu Bagus mengatakan, Kita tahu bahwa Sang Naualuh Damanik adalah seorang raja yang berjuang menantang penjajahan Belanda untuk melepaskan rantai penjajahan. Selama lebih kurang 18 tahun melawan kekuasaan penjajahan, sehingga beliau diasingkan ke Bengkalis. Oleh sebab itu sudah sepantasnya beliau dijadikan Pahlawan Nasional. 

"Pemerintah Kabupaten Bengkalis, tentunya siap mengemban amanah untuk senantiasa menjaga serta merawat makam Raja Sang Naualuh Damanik, sebagai raja ke-14 Kerajaan Pematang Siantar, yang telah mangkat di bengkalis ini pada tahun 1914", ujar Bagus.

"Selain sebagai bukti sejarah, beliau juga adalah sang raja yang sangat dicintai oleh rakyat siantar. Dan yang tak kalah pentingnya, selama di pengasingan, tepatnya di pulau bengkalis ini", ungkap Bagus.

Tampak hadir, Sekretaris Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Reza Noverindra, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Fadhlan Fuad Daulay, Camat Bengkalis Ade Suwirman, Kepala Desa Senggoro Basrah Hamid.

Sementara dari Pematang Siantar Walikota ikut didampingi suami H. Erizal Kesuma Ginting, Sekda Pemkot Pematang Siantar Budi Utari, Kadis Pariwisata Kusdianto, Plt Kadis PUPR Dedy Tunasto, Plt DPKAD Masni, Kaban Kesbanglinmas Soefie M. Saragih, Plt Kepala Bappeda Farhan Zamzamy, Dirut PDAM Tirtauli Zulkifli Lubis dan Kabag Umum Arri S.Sembiring. #PROKOPIM