Dibuka Bupati, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Bangkinang Gelar Seminar Pendidikan

icon   Pada 10 Agustus 2022 Bagikan ke :

BENGKALIS - Bupati Bengkalis melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H Bustami HY membuka Seminar Pendidikan yang ditaja oleh Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Bangkinang, Selasa (10/8/22) di Ruang Rapat Hang Tuah Lantai II Kantor Bupati Bengkalis.

Dalam Sambutannya H Bustami HY mengatakan bahwa Pemerintah Daerah berusaha memberikan perhatian lebih di bidang pendidikan, maka dari itu pendidikan serta peningkatan SDM masyarakat Kabupaten Bengkalis, telah menjadi target utama dalam RPJMD Kabupaten Bengkalis tahun 2021-2026, melalui misi mewujudkan pengelolaan potensi sumber daya manusia, dengan sasaran terwujudnya SDM yang unggul, mandiri dan berdaya saing.

Selain itu, lanjut H Bustami Pemerintah Daerah juga melakukan berbagai trobosan-trobosan mulai dari menganggarkan anggaran pendidikan lebih besar dari 20%, kemudian menerapkan sistem pendidikan dengan penerapan kurikulum merdeka belajar, pemenuhan sarana dan prasarana penunjang pendidikan, peningkatan kualitas tenaga pendidik sampai kelengkapan sarana dan prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar antara kota dan desa yang seimbang, pengratisan biaya pendidikan, pemberian beasiswa termasuk kesejahteraan tenaga pendidik.

"Trobosan-trobosan ini kita lakukan dalam upaya mencetak generasi Kabupatan Bengkalis yang berkemampuan dan berdayaguna dalam membangun daerah melalui pendidikan," kata H Bustami.

Jika kita berbicara mengenai pendidikan, sambung H Bustami pada dasarnya berbicara mengenai nasib bangsa dan daerah ini ke depan. Hanya bangsa dan daerah yang memiliki masyarakat yang cerdaslah yang akan berkembang dan bisa mewujudkan cita-citanya menuju kemajuan dan kesejahteraan. Dengan SDM, para generasi kita kedepannya akan memiliki kemampuan untuk mendayagunakan segala sumber daya yang dimiliki daerah ini. Dan dengan kemampuan yang mereka miliki, generasi Kabupaten Bengkalis bisa berdikari dan menentukan nasib daerahnya sendiri.

"Maka dari itu, kami Pemerintah Kabupaten Bengkalis sangat mengapresiasi seminar pendidikan yang ditaja oleh Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai  ini. Karena terus terang, kami Pemerintah Daerah, memang memiliki kewenangan dan kemampuan untuk mengelola serta melaksanakan program pembangunan didaerah ini termasuk disektor pendidikan. Akan tetapi  dalam pelaksanaannya, tentunya kami tidak bisa bekerja sendiri, perlu sinergi dan integrasi lintas sektor, termasuk dengan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Karena tanpa integrasi dan sinergi, maka kami yakin, keluaran, manfaat maupun capaian pembangunan daerah, tentunya tidak akan berjalan maksimal," terang H Bustami.

Sementara Ketua Prodi Bahasa Inggris Masrul dalam sambutannya mengatakan bahwa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Bangkinang melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bengkalis terkait pentingnya pengembangan SDM di Kabupaten Bengkalis melalui peningkatan system pemerintah berbasis elektronik seperti e-office dan e-government.

"Oleh karenanya kami sangat berharap dukungan Pemkab Bengkalis untuk menguatkan komitmen guna mengimplementasi seluruh kerjasama yang telah kita sepakati ini. Karena kami sangat menyadari, bahwa kerjasama yang kita bangun saat ini merupakan potensi yang bernilai strategis untuk membangun Negeri Kabupaten Bengkalis," kata Masrul.

Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Hj. Kholijah, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bengkalis H. Raja Airlangga, segenap civitas akademika serta staf Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai dan para peserta seminar pendidikan di Kabupaten Bengkalis. #PROKOPIM