Dinas Koperasi dan UMKM Taja Capacity Building

icon   Pada 14 November 2022 Bagikan ke :

BENGKALIS - Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menggelar kegiatan Capacity Building bagi pelaku UMKM di Negeri Junjungan, Ahad, 13 November 2022 di aula kantor Dinas Koperasi Kabupaten Bengkalis.

Kegiatan Capacity Building merupakan keberlanjutan kegiatan pada bulan September 2022 lalu.

Pelatihan UMKM diikuti sebanyak 22 orang peserta terdiri dari 11 Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis.

Kadis Koperasi Sufandi mengatakan UMKM merupakan salah satu penggerak perekonomian nasional, secara statistik bahwa UMKM memiliki peran yang sangat strategis yang mampu menyerap hampir 97% tenaga kerja di Indonesia dan menyumbang lebih dari 60% Pendapatan Domestik Bruto (PDB).

"Sejarah juga telah mencatat ketangguhan UMKM dalam menyelamatkan perekonomian Indonesia pada saat krisis ekonomi tahun 1998 dan tahun 2008," kata Sufandi.

Sufandi menambahkan Pemerintah Kabupaten Bengkalis memandang penting dengan adanya upaya peningkatan kapasitas, pengetahuan dan pemahaman Pelaku Usaha Koperasi dan UMKM.

"Salah satu upaya tersebut diimplementasikan melalui kegiatan kunjungan seperti ini, melalui Capacity Building ini diharapkan para peserta dapat mempelajari, memahami dan mempraktekkan langsung banyak hal yang berkaitan erat dengan usaha produktif," ujar Sufandi.

Sufandi menjelaskan peserta nantinya akan diberangkatkan ke Dinas Perdangan dan Koperasi dan UKM Kota Banda Aceh pada bidang kuliner dan kerajinan. ##DISKOMINFOTIK.