Disdukcapil Bengkalis Sosialisasi dan Aktivasi IKD di STIE Syariah

icon   Pada 10 November 2023 Bagikan ke :

BENGKALIS – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bengkalis, Kamis 9 November 2023 menggelar sosialisasi sekaligus aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) pada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Syariah Bengkalis.

“Tadi pagi, kita mengelar sosialiasi di tengah-tengah masyarakat, terkait IKD. Alhamdulillah kegiatan yang kita lakukan mendapat sambutan posisit dari mahasiswa maupun akademisi STIE Syariah,” ungkap Kepala Disdukcapil Bengkalis Ismail, Kamis 9 November 2023.

Kegiatan ini sebagai langkah untuk menyukseskan program pemerintah dalam memberikan kemudahan layanan kepada masyarakat terutama berkaitan dengan dokumen kependudukan di lingkungan perguruan tinggi.

Disdukcapil melalui Tim Jebol Master melakukan aktivasi IKD bagi semua jajaran kampus STIE Syariah mulai dari Ketua Perguruan Tinggi, dosen, karyawan. Tim yang tuun di STIE Syariah Suyatno (pejabat fungsional).

Diungkapkan Ismail, aktivasi IKD ini sangat penting, untuk memudahkan masyarakat untuk mengakses dokumen kependudukan melalui aplikasi. 

Dokumen kependudukan nanti seperti KTP El, kartu tanda peduduk, kartu identitas anak, akta kelahiran bahkan nanti BPJS, NPWP, kartu pegawai dalam aplikasi.

Kegiatan IKD keluar masuk kampus ini bukan saja dilakukan di STIE Syariah Bengkalis. Sebelumnya juga di STAIN Bengkalis maupun Politeknik Negeri Bengkalis, yang mencapai 600 mahasiswa memilik aplikasi IKD. 

Sementara itu Ketua STIE Syariah Bengkalis, Dr Khodijah menyambut baik pelaksanaan sosialiasi sekaligus aktivasi IKD yang langsung datang ke kampus. Pihaknya, setiap mendukung Disdukcapil untuk menyukseskan aktivasi IKD khususnya di kalangan mahasiswa. #DISKOMINFOTIK