Dishub Tertibkan Jadwal Keberangatan Roro

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :
21-March-2011

BENGKALIS - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Bengkalis, menertibkan jadwal keberangkatan feri penyeberangan roro Air Putih dan Sungai Selari. Perubahan jadwal tersebut dimaksudkan, untuk menghindari terjadinya keterlambatan pemberangkatan, sehingga berdampak pada trip berikutnya

“Pemberangkatan dilakukan tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Tidak ada lagi sistem tunggu, ketika waktunya berangkat kapal harus berangkat. Jika tidak demikian akan mengganggu jadwal keberangkatan trip berikutnya,” ujar Kepala Bidang Perhubungan Darat Dishubkominfo Kabupaten Bengkalis Ja’afar Arief.

Dipaparkan Ja’afar Arief, pihaknya telah menyurati pihak-pihak terkait supaya memahami ketentuan tersebut dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan jasa angkutan Roro Airputih-Sungai Selari.

“Keberangkatan kapal tidak diberlakukan sistem tunggu kecuali hal-hal yang bersifat emergency. Kami berharap semua pihak bisa mematuhi ketentuan ini. Jangan sampai ada komplein ketika ditinggal kapal,” imbau mantan Camat Bengkalis ini.

Kepada pengguna jasa penyeberangan juga diimbau untuk mengedepankan sistem antre, kecuali untuk pejabat seperti Bupati Bengkalis, Wakil Bupati, Sekda, Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD, Kapolres, Wakapolres, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri, mobil ambulan membawa pasien atau jenazah serta mobil pribadi atau dinas yang membawa orang sakit.

“Untuk yang disebutkan di atas dapat diprioritaskan dengan terlebih dahulu dengan menghubungi petugas kami di lapangan,” tandas Jaafar lagi. Guna menertibkan jadwal keberangkatan, kepada pengguna jasa penyeberangan yang akan berangkat harus sudah berada 30 menit sebelum kapal berangkat sehingga tidak ada lagi komplein ketika ditinggal kapal.

Ditambahkan Ja’afar Arief, tidak ada perubahan jadwal keberangkatan tapi hanya penertiban jam keberangkatan saja agar tidak molor dan berdampak pada keberangkatan pada trip berikutnya. Jadwal pagi kapal berangkat seperti biasa yakni pukul 07.00 WIB, pukul 08.30 WIB, pukul 09.30 WIB dan Pukul 10.45 WIB.

Kemudian untuk jadwal siang kapal mulai berangkat pukul 12.00 WIB, pukul 13.15 WIB, pukul 14.30 WIB, pukul 15.45 dan pukul 17.00 WIB. Sedangkan untuk malam hari, pukul 18.15 WIB, 19.30 WIB, Pukul 20.45 WIB dan Pukul 22.30 WIB. “Jadwal ini bisa ditambah jika sewaktu-waktu diperlukan. Namun sekali lagi kami sampaikan tidak ada penundaan jadwal, ketika waktunya berangkat kapal akan berangkat. Kita tidak ada sistem tunggu menunggu,” pungkasnya. (auf)