DPMD gelar Bimtek Aplikasi SISKEUDES Versi 2

icon   Pada 26 Februari 2019 Bagikan ke :

BENGKALIS, HUMAS -  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD) Kabupaten Bengkalis melaksanakan bimbingan teknis aplikasi sistem keuangan desa Versi 2, bagi seluruh operator dan Kepala Urusan Keuangan Desa se-Kabupaten Bengkalis. Selasa (26/02) pagi, bertempat di Lantai IV Kantor Bupati Bengkalis.

Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris DPMD Kabupaten Bengkalis Syahrial tersebut, menghadirkan nara sumber Bapak Marwan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan perwakilan Provinsi Riau. 

Dalam arahannya Sekretaris Dinas Pemberdayaan Desa (PMD) Kabupaten Bengkalis mengatakan bahwa kegiatan ini adalah agenda tahunan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Propvinsi Riau untuk seluruh Kabupaten/Kota dalam wilayah Provinsi Riau.

“Kami berharap dengan dilaksanakannya Bimtek ini akan dapat menambah wawasan para operator/kaur keuangan desa dalam mengoprasikan aplikasi tersebut, khususnya pengelolaan keuangan yang ada di desa di Kabupaten Bengklais”, pintanya

SISKEUDES versi 2 adalah aplikasi yang merupakan alat bantu Pemerintah Desa dalam Pengelolaan Keuangan Desa mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, penata usahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban secara komputerisasi yang telah disesuaikan dengan Permendagri Nomor 20 tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa yang dikembangkan bersama-sama oleh Kementerian Dalam Negeri dan BPKP dalam rangka mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang transparans dan akuntabel serta tertib dan disiplin. 

Syahrial juga memastikan bahwa Aplikasi Siskeudes Versi 2 tujuannya memang memudahkan desa sehingga ketika desa harus mengikuti perubahan regulasi, desa dengan mudah mengikuti perubahan tersebut dengan aplikasi ini.

"Dalam aplikasi ini nantinya Pemerintah Desa dimudahkan dalam pengaplikasiannya, awal itu yang penting bagi desa bisa menginput data, lalu nanti otomatis hasil laporan itu sesuai dengan apa yang diminta oleh Permendagri, sehingga desa tidak lagi direpotkan dengan administrasi tulis-menulis dan pengklasifikasian," lanjut syahrial

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 26-27 Februari 2019 ini mengikutsertakan seluruh operator dan Kaur Keuangan desa se-Kabupaten Bengkalis, untuk hari pertama ini dilaksanakan Bimtek Aplikasi Siskeudes untuk desa dalam wilayah Kecamatan Bengkalis dan Kecamatan Bandar Laksamana.