Dr Isnaini Tawarkan GeNose, Alat Tes Covid-19 Milik UGM ke Pemkab Bengkalis

icon   Pada 10 Juni 2021 Bagikan ke :

BENGKALIS – Project Leader GeNose UGM, Dr Isnaini menawarkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis untuk menggunakan alat deteksi Covid-19 melalui embusan nafas hasil pengembangan peneliti Universitas Gajah Mada (UGM) yang diberi nama GeNose. 

Hal itu menjadi salah satu opsi yang bisa dilakukan Pemkab Bengkalis selain pengadaan alat tes polymerase chain reaction (PCR) yang dinilai lebih mahal dan beresiko.

Penawaran Dr Isnaini disampaikan kala sosialisasi penggunaan GeNose di Ruang Rapat Hang Tuah lantai II Kantor Bupati Bengkalis Selasa, 8 Juni 2021.

Ditambahkan Dokter ini hanya melalui embusan napas dengan waktu hasil tes lebih cepat yakni 5 menit.

"Telah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan. Pemeriksaan dengan GeNose diklaim bisa dilakukan dengan cepat dan murah," ujar 

Dalam penanganan kasus Covid-19 di Kabupaten Bengkalis diperlukan langkah cepat untuk penanggulangan virus dengan strategi dan kebijakan dalam upaya menekan penyebaran kasus, mengurangi dan meniadakan risiko secara optimal serta menyeluruh.

Hal tersebut dilakukan dengan menekan kasus secara akurat dan tepat serta dengan harga yang terjangkau dengan program 4T (Testing, Tracing, Tracking dan Treatment) untuk mencegah meluasnya penularan Covid-19. 

Merespon Project Leader GeNose UGM, Dr Isnaini Pemkab Bengkalis mengapresiasi GeNose yang merupakan hasil penemuan anak bangsa.

"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Bengkalis mengucapkan selamat datang kepada tamu dari Jakarta dan tim GeNose. Juga kami sampaikan apresiasi yang luar biasa atas penemuan dari anak bangsa yakni UGM,” ucap Wabup.

Dikatakan Wabup Pemkab Bengkalis bakal memperimbangkan tawaran tersebut dengan tindaklanjut oleh tim teknis. 

Hadir dalam sosialisasi tersebut dari Jakarta Sadri, Hapkal Bapadal, kemudian Asisten II Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis H. Tengku Zainuddin, Kalaksa BPBD Tajul Mudarris, Sekretaris Satpol PP Agusrizal, Sekretaris Dinas Perhubungan Zul Asri, sekretaris Dinas Pendidikan Agusilfridimalis, Kabid PPE Bappeda Bengkalis, Firdaus, Kabid PBE DIskominfotik Zulkifli, Kepala Bagian Perekonomian Aulia Army Effendy, Kasubbag Dokumentasi Prokopim Yeni Mayasari. #DISKOMINFOTIK