Gerakan Cinta Makan Ikan, DKP Bengkalis Taja Lomba Cipta MenuCatfish

icon   Pada 30 September 2011 Bagikan ke :

19-May-2011

BENGKALIS- Pertama kalinya, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bengkalis juga bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis, Kamis (19/5/11) menggelar lomba cipta menu ikan-ikan yang dikelompokkan dalam jenis ikan berkumis (Catfish). Dengan harapan melalui perlombaan tersebut gairah memakan ikan semakin digemari di daerah ini.

Lomba cipta menu yang diikuti perwakilan TP PKK 8 kecamatan dihadiri langsung Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis Hj Romaini Herliyan dan isteri Wakil Bupati Fatimah Suayatno, dipusatkan di halaman Kantor DKP Bengkalis.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas DKP Bengkalis Amril Fachri dalam sambutannya menyebutkan, jika lomba cipta menu berasal dari ikan khususnya catfish tersebut, diupayakan akan dilaksanakan setiap tahun dan menjadikannya sebagai agenda tahunan.

Ditambah lagi untuk tingkat provinsi, lomba cipta menu cat fish telah diselenggarakan sejak beberapa tahun lalu, maka tahun ini diupayakan dari Pemkab Bengkalis akan turut berpartisipasi dengan mengirimkan peserta dalam lomba cipta menu yang bakal dilaksanakan di Pekanbaru pertengahan tahun ini, yakni sempena Cat Fish Day.

”Selain itu, lomba ini juga sebagai upaya kita untuk menjadikan kelompok ikan berkumis ini, sebagai kelompok ikan yang digemari untuk dikonsumsi serta menjadi primadona. Juga diharapkan masyarakat secara umum gemar makan ikan,” ujar Amril.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis Hj Romaini dalam sambutan sekaligus pengarahannya mengatakan, disadarai kesadaaran masyarakat akan gemar memakan ikan sebagai salah satu sumber makanan, tergolong masih rendah. Oleh sebab itu pemberdayaan sumber ikan-ikan dan pengelolaan yang baik di daerah juga sangat penting untuk disosialisasikan.

Romaini juga turut menyebutkan, jika konsumsi ikan di beberapa negara, seperti di Jepang, Cina, Malaysia, dan sejumlah negara lainnya, setiap orang mengkonsumsi ikan tergolong besar. Bahkan seperti di Jepang, mereka mengkonsumsi ikan rata-rata sebanyak 60 Kg/orang setiap tahunnya. Sementara di Indonesia, orang mengkonsumsi ikan masih rendah, hanya 30 Kg/orang setiap tahunnya.

”Kesadaran untuk makan ikan di masyarakat kita masih kurang. Padahal kekayaan laut sangat besar. Protein hewani sebenarnya bukan hanya dari daging, tetapi juga dari ikan. Kegiatan lomba kreasi menu seperti ini merupakan trobosan yang sangat positif,” ungkapnya.

Usai memberikan pengarahan, selaku Ketua Tim PKK Kabupaten Bengkalis, Hj Romaini Herliyan bersama Kadis DKP Amril Fachri, serta pihak Dinas Kesehatan Bengkalis, memberikan penilaian terhadap cipta menu yang telah disajikan oleh para peserta dari delapan kecamatan. Diputuskan, tim PKK Kecamatan Bengkalis keluar sebagai jura pertama lomba cipta menu pengelolaan catfish.***(dik_RT.C)