Hingga Tahun 2019 Bengkalis Sudah Miliki 4 Balai Penyuluhan KB

icon   Pada 5 Maret 2019 Bagikan ke :

DURI – Hingga tahun 2019, Kabupaten Bengkalis sudah memiliki 4 Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (KB) yang merupakan program dari Pemerintah Pusat.

Keempat balai tersebut berada di Desa Muara Basung (Pinggir), Desa Harapan Baru (Mandau) dan Balai Penyuluhan KB Kelurahan Batu Panjang (Rupat) dan Resam Lapis (Bantan).

Pada Senin, 4 April 2019, di halaman Balai Penyuluhan KB Desa Harapan Baru, Bupati Bengkalis Amril Mukminin meresmikan tiga Balai Penyuluhan KB adalah Balai Penyuluhan Desa Muara Basung (Pinggir), Desa Harapan Baru (Mandau) dan Balai Penyuluhan KB Kelurahan Batu Panjang (Rupat).

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti, dilanjutkan dengan peninjuan balai penyuluhan KB yang awali dengan pemotongan pita oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni.

Sedangkan Balai Peyuluhan KB, di Desa Resam Lapis, Kecamatan Bantan satu diresmikan pada tahun 2017 lalu.

Bupati Amril Mukminin mengungkapkan, keberadaan Balai Penyuluhan KB bertujuan untuk membantu masyarakat agar lebih mudah memahami tentang kuantitas dan kualitas keluarga kecil sejahtera.

“Balai penyuluhan KB ini berfungsi sebagai tempat sarana sosialisasi tentang KB, bukan sebagai fasilitas kesehatan,” terangnya.

Dikatakan Bupati Amril Mukminin, Pemerintah Pusat telah menaikkan DAK untuk Sub Bidang Keluarga Berencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana sebesar Rp 2,3 triliun, meningkat lebih dari 100 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya sebesar Rp 1,1 triliun.

Kenaikan DAK tersebut ditujukan untuk meningkatkan kualitas program KB di daerah yang tengah digalakkan oleh presiden Joko Widodo, tahun 2018 kita mendapatkan gedung Balai Penyuluhan KB kecamatan yang dibangun dari dana DAK tersebut sebanyak 3 unit.

“Kemudian pada tahun 2019 ini kita kembali akan mendapatkan sebanyak 4 unit lagi Balai Penyuluhan KB Kecamatan. Untuk itu kita patut berterimakasih atas perhatian pemerintah pusat kepada masyarakat Kabupaten Bengkalis,” ungkapnya. 

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua TP PKK Kasmarni, Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra, anggota DPRD Dapil Mandau Ibra Teguh dan Fransisca Sinambela, serta sejumlah kepala perangkat daerah lingkup Pemkab Bengkalis.#DISKOMINFOTIK.