Hj Umi Kalsum Memimpin Rapat Persiapan Peringatan Hari Lahir Pancasila

icon   Pada 21 Mei 2019 Bagikan ke :

BENGKALIS, HUMAS – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila ke-74 pada tanggal 1 Juni mendatang, Pemerintah Kabupaten Bengkalis, melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bengkalis menggelar rapat persiapan Peringatan Hari Lahir Pancasila, selasa (21/05/2019) bertempat diruang rapat lantai II kantor Bupati Bengkalis.

Rapat yang dipimpin Bupati Bengkalis yang diwakili Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Kabupten Bengkalis Hj. Umi Kalsum dihadiri, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Hermanto, Polres Bengkalis AKP. Slocany Syukri, Kodim 0303 Bengkalis Kapten Inf Syafrilis, Kalpolres Bengkalis Selamat, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Bengkalis diwakili Kepala Seksi Penyediaan Konten Lintas Sektoral dan Pengelolaan Media Komunikasi Publik, Darmawanto dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

Dalam arahannya Umi Kalsum menjelaskan, Upacara Bendera Memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2019 dilaksanakan secara serentak, sesuai amanat dari Radiogram Mendagri Keppres No. 24 tahun 2016, Apel Hari Lahir Pancasila dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 1 Juni 2019 oleh seluruh Karyawan Kantor/Lembaga/Instansi Pemerintah dan Swasta di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut, Umi menuturkan bahwa, berbagai persiapan harus dirancang dengan baik, seperti komandan upacara, perwira upacara, peserta yang akan dilibatkan serta petuga-petugas lainnya yang terlibat pada acara tersebut.

“Hendaknya apel peringatan Hari Lahir Pancasila bukan hanya seremonial belaka tetapi kita semua harus tahu  maknanya. Untuk itu kami tekankan pada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ditugaskan untuk apel agar hadir dan menggunakan pakaian Kopri dan yang lain menyesuaikan” ujarnya.

“Mengingat pada pelaksaan Hari Lahir Pancasila merupakan hari libur Nasional, Umi mengintruksikan setiap OPD agar menugaskan ASN untuk mengikuti apel kemudian diabsensi di lapangan,” pungkasnya.