Idul Adha, PNS Bengkalis Kurbankan 42 Ekor Kerbau

icon   Pada 2 November 2011 Bagikan ke :
BENGKALIS - Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis beserta keluarga, Hari Raya Idul Adha tahun ini akan ikut berkurban sebanyak 42 ekor kerbau. Hewan kurban itu nantinya akan didistribusikan ke delapan kecamatan, terutama sekali untuk desa-desa yang sangat membutuhkan.

Ketua Panitia Kurban di Lingkungan Pemkab Bengkalis H Asmaran Hasan kepada wartawan, Selasa (1/11/11), mengatakan dalam pendistribusiannya nanti ada kecamatan yang mendapat 3 ekor dan ada yang mendapat 4 ekor.

“Di kecamatan tersebut akan diseleksi lagi desa-desa mana yang sangat membutuhkan, yakni desa yang selama ini jarang ada kurban karena kondisi ekonomi masyarakat,” ujarnya.

H Asmaran yang juga Sekda Bengkalis ini mengatakan, kegiatan kurban khusus PNS dan keluarga di lingkungan Pemkab Bengkalis ini adalah yang pertama kali dikoordinir. Kenapa dipilih kerbau sebagai hewan kurban, menurut Sekda karena berdasarkan survei masyarakat banyak yang menginginkan kerbau dibandingkan sapi.

“Hewan kurban tersebut akan didistribusikan kepada masing-masing kecamatan pada hari Kamis lusa,” katanya.

Kemudian pada malam Idul Adha, seperti tahun-tahun sebelumnya akan digelar pawai takbir dengan melibatkan masjid, mushalla dan sekolah. Pemkab akan membantu untuk persiapan pawai masing-masing untuk masjid sebesar Rp 1,3 juta sedangkan musholla dan sekolah Rp 1,2 juta.

Sementara itu, pelaksanaan Sholat Idul Adha 1432 H/2011 M mendatang akan dipusatkan di halaman Kantor Bupati mengingat Lapangan Tugu sedang dalam renovasi. Direncanakan yang bertindak sebagai Khatib adalah Ustadz Drs Abu Anwar MA dari Pekanbaru, yang merupakan kandidat doktor yang saat ini sedang menyelesaikan S3-nya di IAIN Imam Bonjol, Padang. (dik_RT)